SHARE THIS ARTICLE

zoniSelain rasa, masakan Jepang juga mementingkan penampilan. Waktu dan usaha tambahan diperlukan untuk menghasikan tampilan yang menarik. Dalam resep di atas, wortelnya dibentuk seperti bunga ume atau prem, sementara bayam mustarnya direbus terpisah untuk mempertahankan warna hijaunya.

Masakan Jepang juga biasa memberikan nuansa musim yang berbeda. Bahan-bahan biasanya dipotong menjadi bentuk yang cantik, misalnya seperti bunga, sebagai simbol musim semi. Pada musim panas, bahan-bahan disajikan di dalam agar-agar yang dingin dan bening, supaya terlihat menyegarkan. Ditekankan pula penggunaan dan penyajian bahan-bahannya sehingga memberi rasa dan kekhasan masing-masing musim.

Bahan-bahan (Untuk 4 Porsi)

zoni1• 100 gram daging paha ayam
• 100 gram komatsuna (bayam mustar) atau sawi hijau
• 4 mochi
• ½ (70 gram) wortel

• 4 gelas kaldu dashi
• 2 sendok teh kecap asin
• ½ sendok teh garam
• Garam untuk merebus bayam mustar

Cara Memasak

1. Siapkan kaldu dashi. Didihkan air sebanyak empat gelas. Masukkan 12 gram parutan katsuo-bushi (ikan cakalang kering yang diasap) lalu aduk dan panaskan di atas api kecil selama 1-2 menit. Saring menggunakan saringan halus.

2. Rebus bayam mustar selama 2-3 menit dalam air mendidih yang sudah diberi garam. Angkat menggunakan pencapit dan langsung masukkan ke dalam wadah berisi air dingin agar warnanya tidak berubah. Kalau bayamnya sudah dingin, angkat lalu peras daunnya. Letakkan di atas talenan kemudian potong-potong dengan panjang 4 cm. Potong wortel menjadi bulatan dengan tebal 5 mm. Kalau ada cetakan, cetak menjadi bentuk yang cantik. Didihkan wortel selama 7-8 menit, sampai empuk, dengan air bekas rebusan bayam mustar. Tiriskan lalu sisihkan.

zoni23. Panggang mochi di penggorengan tanpa menggunakan minyak. Tutup penggorengan dan biarkan di atas api kecil. Setelah 2-3 menit balikkan mochi. Mochi akan menggelembung dan matang setelah 5 menit.

zoni34. Potong-potong daging ayam menjadi potongan 2 cm lalu masukkan ke dalam panci yang berisi kaldu dashi yang sudah dingin. Didihkan di atas api sedang, setelah mendidih kecilkan api dan masak selama sekitar 5 menit. Buang buih kotoran yang berkumpul di permukaan. Bumbui dengan garam dan kecap asin. Masukkan bayam mustar dan wortel tadi, panaskan di atas api kecil. Siapkan 4 mangkuk kecil. Masukkan sepotong mochi ke dalam masing-masing mangkuk lalu tambahkan sup dengan sayuran hijau, wortel dan ayam. Pastikan menatanya secara menarik di sekitar mochi.

Source : kokiers.com
COMMENT