SHARE THIS ARTICLE
Foto: Getty Images
Foto: Getty Images

Matcha latte merupakan minuman yang populer belakangan ini. Kesegaran matcha bercampur susu ini sering diberi topping krim kocok dan kacang azuki. Rasanya lembut manis. Racik sendiri yuk!

Tak perlu jauh-jauh ke kafe, karena minuman populer ini bisa dibuat sendiri di rumah. Berikut langkah-langkah pembuatannya.

1. Siapkan Bahan Matcha Latte

Foto: Getty Images
Foto: Getty Images

Untuk membuat iced matcha latte diperlukan 180 ml susu dingin, 2 sdm air hangat, 1 sdt matcha Jepang, 2 sdt gula, dan es batu secukupnya.

Pasta kacang azuki dibuat dengan 100 gr kacang azuki, 100 gr gula pasir, ¼ sdt garam, dan air.

2. Buat Pasta Kacang Azuki

1c 121200_matchaazuki2
Foto: Getty Images

Rendam kacang azuki dalam air selama semalaman (8-12 jam). Kemudian tiriskan kacang. Pindahkan kacang azuki dalam panci besar, lalu tambahkan air bersih sampai tingginya 3-5 cm di atas kacang. Rebus kacang dengan api besar. Saat sudah mendidih, matikan api dan tutup panci selama 5 menit.

3. Rebus Kembali Kacang Azuki

Foto: Getty Images
Foto: Getty Images

Buang air rebusan dan tiriskan kacang. Selanjutnya kacang dimasukkan kembali dalam panci. Tambahkan air secukupnya hingga seluruh bagian kacang tertutupi. Rebus hingga mendidih lalu kecilkan api. Sesekali tekan kacang dengan sendok kayu.

Saat air menguap, tambah lagi air secukupnya hingga menutupi kacang. Proses masak berlangsung kurang lebih selama satu jam. Untuk pengetesan, cobalah ambil satu kacang dan tekan dengan jari. Bila mudah lumat maka kacang sudah matang.

4. Tambahkan Gula

1e 121314_matchaazuki4

Besarkan kembali api, tambahkan gula secara bertahap sebanyak tiga kali. Aduk sesekali. Bila sudah mengental, beri garam dan matikan api. Pindahkan kacang ke wadah hingga dingin. Jika ada sisa yang belum digunakan, pasta bisa disimpan dalam chiller selama seminggu dan freezer selama satu bulan.

5. Buat Iced Matcha Latte

Foto: Getty Images
Foto: Getty Images

Ayak bubuk matcha dalam gelas atau shaker agar tidak ada gumpalan. Lalu tambahkan gula dan air hangat ke dalamnya. Aduk dengan sendok atau whisk untuk susu (milk frother) sampai rata. Bentuknya jadi seperti pasta hijau pekat tanpa gumpalan. Kemudian tambahkan susu dingin ke dalam matcha. Gunakan whisk susu atau kocok dengan shaker untuk mencampur latte hingga halus dan berwarna hijau terang.

6. Sajikan

Foto: Smugourmetclub
Foto: Smugourmetclub

Beri es batu dan pasta kacang azuki ke dalam ice matcha latte. Tambahkan whipped cream jika suka. Sajikan dingin.

Source : food.detik
COMMENT