SHARE THIS ARTICLE

akihabara-chuo-dori-very-wide-angleUntuk kalian para otaku pasti sudah tidak asing lagi dengan kata “Akihabara”, ya karena tempat ini sering disebut “Surga“-nya para otaku dari seluruh dunia. Akihabara adalah sebuah tempat perbelanjaan yang terletak di dekat stasiun Akihabara, Tokyo, Jepang. Akihabara sering disebut dengan Akiba (Pusat Elektronik Akihabara).

Seperti dikutip dari muza-chan.net, alasan tempat ini dijadikan “surga” oleh para otaku karena Akihabara identik dengan pusat perbelanjaan untuk barang elektronik, anime, manga dan doujinshi, bahkan saat ini pun sudah banyak mewabah di Akihabara. Tetapi, lain dulu lain sekarang, karena sejarah Akihabara sendiri sangatlah panjang hingga sampai menjadi tempat terkenal seperti saat ini.

Sejarah Akihabara dimulai ketika stasiun Akihabara dibuka pada tahun 1890 sebagai terminal angkutan yang terkait dengan stasiun Ueno. Pada tahun 1925 stasiun ini dibuka untuk umum dan karena semakin banyaknya masyarakat yang mengunjunginya stasiun tersebut menjadi tempat untuk transaksi jual beli sayur dan buah.

Akihabara mulai menjadi tempat pertama yang menjual komponen elektronik seperti tabung vakum setelah tahun 1937. Pada tahun-tahun setelah Perang Dunia II, mahasiswa Tokyo Denki University sering membeli komponen pasar gelap untuk radio. Pasar gelap pun perlahan menghilang digantikan oleh toko legit.

Beberapa toko elektronik rumah tangga banyak didirikan di sini selama tahun 1960, yang membuat Akihabara dijuluki “Kota Listrik” karena mayoritas toko tersebut menjual mesin cuci dan lemari es.

Selama tahun 1980, “Kota Listrik” ini dikembangkan lebih lanjut secara bertahap menjadi Akihabara yang kita kenal sekarang ketika menjadi pasar yang penting untuk komputer, peralatan musik, permainan dan produk manga/anime.

Source : muza-chan.net
COMMENT