SHARE THIS ARTICLE

shisa-artisan-japan

Di distrik Tsuboya di Naha, Okinawa (lima menit berjalan ke arah selatan dari Kokusai-dori) Anda memiliki kesempatan untuk melihat beberapa seniman menciptakan sejumlah patung singa/anjing Shisa yang biasanya terlihat di pintu masuk rumah atau atap untuk melindungi orang-orang terhadap roh-roh jahat dan naga.

Legenda mengatakan bahwa seorang utusan dari China datang mengunjungi raja Okinawa (kerajaan Ryukyu) dan diundang ke kastil Shuri. Sebagai hadiah untuk sang raja ia membawa kalung dengan sosok kecil yang berbentuk seperti anjing/singa. Sang raja sangat menyukai hadiah itu sehingga sejak saat itu ia mengenakan kalung tersebut setiap saat.

Di dekat kastil raja terdapat sebuah desa di tepi pantai yang semua penduduknya telah diteror dalam waktu yang lama, seekor naga laut raksasa telah memakan anak-anak mereka dan menghancurkan rumah-rumah mereka. Suatu hari sang raja mengunjungi desa tersebut, ia menghadapi naga itu dan memunculkan sosok shisa yang ia miliki di kalungnya, lalu sebongkah batu yang besar jatuh dari langit menghancurkan ekor naga jahat itu dan membuatnya tak bisa bergerak untuk selama-lamanya.

Tergantung pada siapa Anda bertanya di Okinawa, Anda akan mendengar cerita tersebut dengan berbagai variasi.

Source: www.kirainet.com

COMMENT