SHARE THIS ARTICLE

Biasanya bangunan sekolah itu berbentuk kotak standar, atau terdiri dari banyak ruangan dengan letak berderet atau saling berhadapan. Di Jepang sendiri bangunan sekolah cenderung terlihat seperti bangunan apartemen atau sebuah penjara. Di manapun kalian berada di Jepang atau mungkin melihatnya di berbagai film atau anime, bangunan sekolah seringkali digambarkan sebagai bangunan beton berbentuk kotak-kotak raksasa. Contohnya seperti di bawah ini.

Wow! SD Kasahara di Jepang ini bangunannya unik, seperti Istana Naga! (1)Tidak ada yang salah dengan bangunan seperti itu, kan? Tentu saja bangunan seperti ini tidaklah buruk asalkan dapat berfungsi dengan baik selama bertahun-tahun tanpa perlu terlalu banyak perawatan. Bagaimanapun bentuk bangunannya, para pelajar di suatu sekolah tentu tidak akan keberatan.

Tapi, apa ada sekolah yang menyenangkan di Jepang? Nah, di Sekolah Dasar Kasahara yang terletak di Okinawa, Jepang ini kehidupan sekolah pasti tidak akan membosankan.

Wow! SD Kasahara di Jepang ini bangunannya unik, seperti Istana Naga! (8)Dilansir dari rocketnews24.com, sekolah ini, seperti sebagian besar sekolah di Jepang, terbuat dari beton bertulang. Bangunannya, yang dirancang oleh desainer Atelier Zo, menampilkan serangkaian bangunan dua lantai yang terhubung melalui “lorong-lorong” eksternal.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA Wow! SD Kasahara di Jepang ini bangunannya unik, seperti Istana Naga! (4)Walau kelasnya berada di dalam ruangan, namun lorong-lorong, rak sepatu, dan sebagainya secara teknis ada di luar ruangan. Ruang kelasnya sendiri tidak seperti sekolah lainnya di Jepang, luasnya hampir 1,5 kali lebih besar dari rata-rata ruang kelas di berbagai sekolah di Jepang. Di dalamnya juga terdapat tikar tatami bagi para pelajarnya untuk bersantai.

Wow! SD Kasahara di Jepang ini bangunannya unik, seperti Istana Naga! (7)Sekolah yang dibangun pada tahun 1982 ini di sisi bangunannya terukir huruf-huruf hiragana Jepang, dan ada banyak sudut dan celah kecil untuk anak-anak bermain. SD ini juga memiliki banyak daerah terbuka yang ditutupi dengan rumput dan pepohonan, dan… sekolah ini juga memiliki kolam renang paling keren di Jepang!

Wow! SD Kasahara di Jepang ini bangunannya unik, seperti Istana Naga! (5) Wow! SD Kasahara di Jepang ini bangunannya unik, seperti Istana Naga! (6)Selain bangunannya yang dirancang untuk mendorong pemikiran kreatif dan rasa ingin tahu, SD Kasahara ini juga memiliki kurikulum yang unik. Misalnya, sekolah ini mendidik pelajarnya agar “tidak menggunakan alas kaki.” Kegemaran belajar, baik hati, dan kemauan yang kuat merupakan hal-hal yang sekolah ini coba tanamkan kepada para pelajarnya.

Selain terdapat kelas yang dirancang untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah dan pendidikan lingkungan, SD Kasahara juga memiliki unit khusus untuk kelas etika/moral yang mengambil bimbingan dari Kementerian Pendidikan, Budaya, Olahraga, Sains dan Teknologi Jepang. SD Kasahara menempatkan penekanan pada alam dan mengajarkan para pelajarnya tentang pentingnya menangani masalah lingkungan, seperti terlihat dari foto-fotonya.

Wow! SD Kasahara di Jepang ini bangunannya unik, seperti Istana Naga! (2)Kalau saja semua sekolah seperti ini mungkin proses belajar-mengajar akan lebih menarik ya? Lagipula belajar itu seharusnya tidak membosankan, kan? Bagaimana dengan bangunan sekolah kalian?

Source : en.rocketnews24.com
COMMENT