SHARE THIS ARTICLE
Wow! Di Jepang kini ada layanan membersihkan kostum untuk para cosplayer! (1)
Photo: Layer Support

Apa kalian suka bercosplay? Apa kalian mengalami kesulitan saat membersihkan kostum-kostum kebanggaan kalian? Berbeda dengan pakaian biasa, kostum memang sedikit sulit untuk dibersihkan ya, karena beberapa bahannya memiliki permukaan yang halus dan dibuat dengan tangan atau menggunakan bahan kain yang tidak biasa. Membersihkan kostum itu memang rumit dan membutuhkan perawatan khusus. Tapi, kini di Jepang ada layanan dry cleaning khusus yang akan membersihkan kostum untuk para cosplayer.

Wow! Di Jepang kini ada layanan membersihkan kostum untuk para cosplayer! (2)Seperti dikutip dari kotaku.com, layanan yang disebut Layer Support ini dapat menangani noda make-up yang sulit dibersihkan dan akan menyegarkan pakaian yang kadang-kadang dipakai untuk waktu yang lama di luar. Kata “layer” sendiri adalah bahasa slang di Jepang untuk “cosplayer.” Biaya layanannya tergantung pada berapa banyak bagian dalam suatu pakaian tertentu. Misalnya, untuk “basic course” yang berupa satu pakaian yang terdiri hingga lima bagian biayanya adalah 4.000 yen. Sedangkan untuk “deluxe course” berupa satu pakaian yang terdiri hingga lebih dari enam bagian biayanya adalah 5.000 yen. Kostum kalian pun akan kembali bersih dalam waktu dua minggu.

Wow! Di Jepang kini ada layanan membersihkan kostum untuk para cosplayer! (3)Menurut situs dari layanan ini, selain layanan tersebut ada juga konsultasi online gratis untuk membantu para cosplayer dalam mencari tahu apa jenis pembersih yang mereka butuhkan dan ada layanan pembersih untuk sepatu cosplay dan sepatu bot. Kalian juga dapat membayar 1.000 yen setelah kostum kalian bersih, untuk menyimpan kostum kalian di toko Layer Support selama satu tahun. Kalau rumah atau kamar kalian sempit, di mana ruang penyimpanan kostum mungkin adalah hal yang langka, dan kalian memiliki banyak kostum cosplay, tentunya itu sangat berguna, kan?

Source : kotaku.com
COMMENT