SHARE THIS ARTICLE

japanese-citizen-centenarian-guinessbookofrecord-115-year-old

Pernahkah anda membayangkan bagaimana rasanya hidup melalui dua milenia, tiga abad, dan sejumlah besar dekade?

Bagi kita manusia, berharap untuk menembus angka 90 tahun di beberapa poin, itu adalah sesuatu yang menakjubkan. Namun, ada manusia menakjubkan yang pernah melintasi umur 100 tahun, dan kadang-kadang melampaui 110 tahun. Mereka terdiri dari seperseribu centenarian (seseorang yang umurnya seratus tahun atau lebih) yang ditetapkan pada setiap titik waktu, dan hanya ada 300-450 orang yang hidup saat ini, dengan hanya segelintir – 70 orang tepatnya – yang telah diverifikasi.

Mari kita temui para Supercentenarian, salah satu kelompok paling eksklusif yang pernah ada.

Seorang pria Jepang, Jirouemon Kimura, tergabung dalam kelompok ini. Pada hari Jumat yang lalu, Guinness Book of Records melaporkan bahwa ia telah memecahkan rekor Thomas Thorvald Christian Mortensen yang menjadi laki-laki dengan hidup terpanjang, ketika ia memecahkan rekor umur tertua 115 tahun dan 253 hari, pada tahun 1998.

Jirouemon, yang berasal dari kota Kyotango, dekat Kyoto, lahir pada tanggal 19 April 1897, dan “hanya orang ketiga dalam sejarah yang berumur 115 tahun,” lapor Guinness.

Sebagai kepala keluarga ia telah memiliki tujuh anak, 14 cucu, 25 cicit, dan 13 buyut-cucu. Dia masih bangun dengan bersenda gurau dan membaca surat kabar dengan kaca pembesar. Selain itu, ia senang berbicara dengan para tamu dan mengikuti siaran langsung debat parlemen di televisi. Jirouemon menghubungkan umur panjangnya kepada mottonya: “makan cahaya untuk hidup lama.”

Kehidupan Jirouemon yang luar biasa di tiga abad telah merentangkan “kemajuan sosial dan teknologi yang besar, termasuk munculnya kendaraan bermotor, televisi, internet, enam raja Inggris, lima kaisar Jepang dan 20 presiden Amerika Serikat,” kata laporan Guinness.

Jirouemon bekerja di kantor pos setempat selama 38 tahun. Dia beralih ke pertanian setelah pensiun dan terus berlanjut sampai usia 90 tahun.

Organisasi rekor Guinness menunda presentasi sertifikat Jirouemon karena ia telah dirawat di rumah sakit baru-baru ini, kata kantor berita Kyodo, yang dikutip pejabat kota.

Orang tertua yang tercatat pernah hidup adalah Jeanne Calment dari Perancis, yang hidup secara mengagumkan hingga umur 122 tahun dan 164 hari dan meninggal pada tahun 1997.

Jirouemon menjadi orang tertua yang masih hidup hingga saat ini ketika Dina Manfredini dari Iowa di Amerika Serikat meninggal di umur 115 tahun dan 257 hari, dan laki-laki tertua yang masih hidup hingga saat ini ketika Emiliano Mercado del Toro meninggal pada Januari 2007.

Akankah ia masih tetap aktif dan hidup selama tujuh tahun mendatang dan mengklaim gelar dari Jeanne Calment (yang bermain olahraga anggar pada usia 85)? Hanya Sang Waktu yang akan memberitahu.

(Source: www.weirdasianews.com)

COMMENT