SHARE THIS ARTICLE

hitachi-seaside-park-radiation-leak-fukushima-01

Para pengguna Internet telah dibuat khawatir oleh berita dari stasiun nasional Jepang, NHK, bahwa sebagian dari Hitachi Seaside Park yang indah terpaksa ditutup karena memuncaknya tingkat radiasi di lokasi tersebut.

Prefektur Ibaraki, yang menjadi lokasi taman tersebut, merupakan tetangga dari Prefektur Fukushima, dan karenanya kekhawatiran atas tingkat radiasi itu telah berlangsung sejak bencana nuklir 2011.

Dari NHK.com:

Seaside Park Ditutup Sebagian Karena Tingkat Radiasi yang Melebihi Standar

Sebuah tingkat yang relatif tinggi 0,70 μSv/h telah terukur di tiga lokasi di Hitachi Seaside Park di kota Hitachi Prefektur Ibaraki, dan untuk amannya, Kementerian Pertanahan , Infrastruktur , Transportasi dan Pariwisata (Ministry of Land, Infrastructure, Transport and Tourism / MLIT) telah melarang siapapun masuk sekitar tiga area tersebut.

Menurut MLIT, ketika tingkat radiasi diukur pada tanggal 23 di Hitachi Seaside Park, tingkat radiasi per jam satu meter dari tanah melebihi standar pemerintah 0,23 μSv di tiga lokasi seperti di hutan dan di lapangan terbuka, mencapai tingkat sampai dengan 0,70 μSv.

Untuk amannya, MLIT telah melarang masuk sekitar tiga bidang tersebut, dan telah memasang tanda-tanda dan tali Dilarang Masuk di sekitar wilayah sehingga pengunjung tidak masuk.

Dalam tiga tahun sejak bencana nuklir Fukushima Daiichi, tingkat radiasi lebih dari 2 μSv kadang-kadang tercatat di Prefektur Ibaraki.

Hitachi Seaside Park adalah salah satu tempat wisata unggulan Prefektur Ibaraki dan memiliki lebih dari 350.000 pengunjung selama Golden Week tahun ini dan mulai sekarang MLIT akan melaksanakan dekontaminasi area tersebut.

Komentar dari Twitter:

“Mengapa setelah sekian lama sebuah seaside park memiliki tingkat radiasi begitu tinggi?”

“Apakah karena sinar matahari begitu kuat akhir-akhir ini? Atau tidak ada hubungannya?”

“Apakah (festival musik) Rock In Japan akan baik-baik saja?”

“Melakukan dekontaminasi sebuah taman besar hanya akan memakan biaya besar dan tidak memiliki hasil yang nyata. Karena itu adalah sebuah taman umum, uang pajak rakyatlah yang digunakan untuk membayarnya.”

“LFMAO aku baru saja ke sana minggu lalu.”

“0,7 μSv/h jauh lebih tinggi dari kota Fukushima atau kota Koriyama. Tapi tidak cukup tinggi untuk menyebutnya radiasi tingkat tinggi.”

Dan masih banyak lagi komentar lainnya.

 

Source : japan CRUSH

COMMENT