SHARE THIS ARTICLE

Orang Jepang Dibayar Untuk Punya Anak Demi Meningkatkan Angka Kelahiran

Orang Jepang kini dapat berbangga hati karena predikat mereka sebagai negara dengan angka kelahiran yang rendah telah berubah. Pencapaian ini tidak lepas dari peran aktif pemerintah Jepang yang menyelenggarakan banyak program, salah satunya adalah memberikan bayaran untuk setiap pasangan yang memiliki anak.

Hal yang mungkin terdengar aneh ini benar-benar terjadi di Jepang. Di Distrik Minato, Tokyo, satu pasangan orangtua bisa mendapatkan sekitar 180.000 yen. Hasil pengamatan Christopher Wood dari CLSA ini juga mendapatkan hal menarik dengan peningkatan kelahiran terbesar di Jepang ada di kota Ama, pulau Nakanoshima.

Bagaimana tidak, sebab untuk bayi pertamanya para orangtua akan diberikan 100.000 yen, tetapi bisa meningkat hingga 1 juta yen sampai anak keempat yang mereka miliki. Tidak mengherankan bila tingkat kelahiran anak di sana naik hingga 1,80 dari 1,66 dari tahun 2014 sampai 2015. Bloomberg mencatat pencapaian angka kelahiran rata-rata ini adalah yang tertinggi dalam kurun waktu 21 tahun terakhir. Tampaknya, teknik ini bisa ditiru untuk negara-negara yang juga mengalami krisis demografis.

Setujukah kalian dengan cara seperti ini untuk meningkatkan angka kelahiran?

Source : rocketnews24.com
COMMENT