SHARE THIS ARTICLE

Biasanya, sebagian pelajar SMA akan melakukan perayaan kelulusan dengan mencoret-coret seragam mereka, atau ada juga yang menyimpannya untuk kenang-kenangan. Tapi, baru-baru ini beberapa siswi SMA di Jepang telah menambah penghasilan mereka usai lulus sekolah dengan menjual seragam mereka secara online. Seragam-seragam bekas itu dijual melalui berbagai website jual-beli di Jepang yang pada akhir tahun ajaran biasanya akan mengalami peningkatan dalam hal penjualan.

Seperti dilansir dari nextshark.com, konsumen yang membeli seragam siswi SMA di Jepang itu pada umumnya adalah para cosplayer yang mencari kostum bertema seragam sekolah dengan harga yang cukup terjangkau. Tapi anehnya, ada juga seragam sekolah yang dijual dengan harga cukup tinggi, yang memang mengincar para pembeli dari kalangan pria dewasa penggemar seragam bertema siswi SMA (joshi kosei). Seragam sekolah bekas itu dijual dengan harga cukup tinggi, hingga ada yang dijual lebih dari 300.000 yen. Bahkan untuk seragam dari sekolah bergengsi yang dicantumkan pada keterangan di laman website-nya, harganya bisa lebih tinggi dari seragam lainnya.

Siswi SMA di Jepang

Beragam komentar pun muncul dari para netizen, dari yang terkejut hingga yang memiliki ide bisnis. Di antaranya ada yang berkomentar, “Mereka menjual seragam mereka di mercari (nama toko online)?! Orang tua mereka pasti menangis!” lalu ada juga yang berkomentar, “Bukankah nanti orang-orang yang membeli dari gadis-gadis sekolah itu akan bisa mendapatkan alamat rumah mereka?” dan, “Kalian bisa memulai bisnis dengan membeli seragam baru dan mengiklankannya sebagai seragam bekas di mercari.”

(Featured image via Flickr / MIKI Yoshihito (CC BY 2.0)

Source : nextshark.com
COMMENT