SHARE THIS ARTICLE
1148081guru1780x390
Program beasiswa ini adalah program non-gelar. Durasinya satu tahun enam bulan, termasuk enam bulan belajar bahasa Jepang, terhitung mulai Oktober tahun ini.

Pemerintah Jepang, melalui program Teacher Training 2015, membuka kesempatan bagi para guru dari sekolah negeri ataupun swasta untuk memperdalam ilmu pengetahuannya di Jepang. Teacher Training Program atau Program Penataran Guru tersebut merupakan salah satu program beasiswa yang diberikan Pemerintah Jepang (Monbukagakusho) untuk meningkatkan kualitas pengajaran para guru sesuai bidang masing-masing.

Lewat program penataran itu, para guru akan mengikuti pelatihan tentang cara mengajar, pembuatan rencana belajar-mengajar yang lebih efektif dan menarik minat siswa, serta hal lain yang dapat meningkatkan kualitas dan kemampuan mereka.

Program beasiswa ini adalah program non-gelar. Durasinya satu tahun enam bulan, termasuk enam bulan belajar bahasa Jepang, terhitung mulai Oktober tahun ini.

Adapun fasilitas yang didapat peraih beasiswa tanpa ikatan dinas ini meliputi:
– Tiket pesawat kelas ekonomi pergi-pulang Indonesia (Jakarta)–Jepang (Tokyo/Osaka).
– Biaya pendidikan penuh dan biaya pembuatan visa pelajar.
– Tunjangan hidup sebesar 143.000 yen per bulan yang diberikan setiap akhir bulan selama masa studi di Jepang. Ada kemungkinan jumlah tunjangan akan mengalami perubahan.
– Fasilitas asrama yang pembayarannya diatur sendiri oleh penerima beasiswa.
– Mereka yang merupakan PNS akan tetap mendapatkan gaji pokok dengan mengajukan permohonan tugas belajar kepada pemerintah kabupaten atau kota masing-masing.

Bagi yang tertarik, pendaftaran beasiswa ini akan tersedia sampai 8 Januari 2015. Informasi bisa dilihat di www.id.emb-japan.go.jp.

Source : edukasi.kompas
COMMENT