SHARE THIS ARTICLE

LoCoS Bahasa Universal 1

Kalian pasti tahu dan mengenal tanda universal manusia hijau yang sedang berlari di bawah ini, kan?

LoCoS Bahasa Universal1

Ya, tanda yang menandakan pintu keluar darurat ini (dan berbagai variasinya) rupanya adalah karya desainer Jepang legendaris, Yukio Ota pada tahun 1974. Dan, rupanya sang desainer tengah memiliki proyek jangka panjang berupa bahasa universal yang bertujuan untuk mengatasi kendala bahasa dan merevolusi sistem komunikasi dunia.

LoCoS Bahasa Universal

Menargetkan untuk bisa digunakan pada tahun 2065, sistem bahasa berbasis gambar ini dinamai LoCoS (Lovers’ Communication System), karena bertujuan untuk membuat orang dapat saling mengerti tanpa kata-kata, layaknya sepasang kekasih. LoCoS saat ini telah dikembangkan selama 30 tahun, dan sistem ini memanfaatkan pemahaman manusia yang luar biasa akan berbagai simbol, seperti beberapa di bawah ini yang umum dipakai, dan setidaknya beberapa di antaranya pasti bisa kalian kenali.

LoCoS Bahasa Universal 3
Dari kiri: Pesawat, Gelas Anggur, Air Mancur, Hujan, Salju, Angin, Pelangi

LoCoS tentu punya cara untuk menentukan sebuah peristiwa di masa lampau, kini, dan masa depan dengan simbol-simbol di bawah ini.

LoCoS Bahasa Universal 4
Dari kiri: melakukan, sudah melakukan, akan melakukan, untuk tak dilakukan, tidak melakukan, tidak akan melakukan

Gabungkan pola kalimat di atas dengan simbol, maka akan terbentuklah kalimat sederhana yang mudah dimengerti.

LoCoS Bahasa Universal 5
Dari kiri atas (searah jarum jam): melihat, tidak melihat, (tadi) tidak melihat, tidak akan melihat, akan melihat, sudah melihat

Pengembangan dari simbol-simbol sederhana tersebut memungkinkan penggunanya untuk merangkai struktur kalimat yang lebih kompleks. Dan bahkan, LoCoS juga punya serangkaian gabungan simbol lain yang memungkinkan adanya pelafalan atau pengucapan bahasanya pada tingkat yang lebih sulit, lho. Sugoi!

Source : en.rocketnews24.com
COMMENT