SHARE THIS ARTICLE

Semangka berbentuk hati ini paling populer di dunia dan bahkan pertama kali di dunia. Dikembangkan sejak 9 tahun lalu, dan baru kini berhasil menciptakan semangka berbentuk hati yang sempurna.

semangka-hati-jepang

Hiroichi Kimura, petani generasi ketiga yang berasal dari perfektur Kumamoto, Jepang ini mengakui sangat sulit membuat semangka berbentuk hati.

Saya sembilan tahun sedikitnya melakukan uji coba pembentukan semangga hati ini. Namun baru kini rasanya sukses dan itu pun tetap masih harus menerima risiko tidak sedikit yang rusak,” kata Hiroichi.

Awal mulanya semangka ini terlihat biasa, bulat. Setelah ukuran agak besar, buah semangka itu dimasukkan ke cetakan akrilik transparan yang juga berlubang-lubang kecil agar buah bisa “bernafas” dengan bentuk hati (lihat gambar kiri). Setelah buah agak besar, tak muat lagi dengan cetakan akrilik tersebut, digantilah bentukan (cetakan) hati yang lebih besar, sampai ukuran tertentu dengan diameter sekitar 20 cm, dan bentuk sudah kelihatan hati yang baik, barulah dipanen.

Kalau kita membuat 400 semangka, maka hanya 200 semangka saja yang sukses menjadi semangka hati. Jadi risiko pembuatan semangka hati memang masih besar dan langka terjadi,” tambahnya.

Semangka hati ini paling banyak dibeli oleh wanita atau untuk memberikan kepada ibu (saat Hari Ibu).

Harga satu buah semangka hati sekitar 10.500 yen atau sekitar Rp 1,2 juta. Namun itu pun akan selalu habis dan pesanan bisa menunggu sampai tiga bulan karena banyak sekali pemesan sampai ke luar negeri dan juga pesanan di dalam negeri Jepang.

Banyak negara luar baik dari Eropa dan Amerika memesan semangka hati ini, namun sepertinya tidak ada dari Indonesia,” ungkapnya.

Rasa semangka hati ini juga sangat manis, enak sekali di mana, bukan hanya manis saja tetapi punya serat dan kelembutan daging semangka yang enak sekali setelah masuk ke mulut dan kita kunyah makan dengan pelan-pelan. Demikian pula wanginya juga enak.

Kelembaban udara, cuaca, panas dingin temperatur sangat penting dan juga posisi atau karakter tanah dengan pupuknya atau susunan tanah juga sangat penting. Oleh karena itu Kimura juga berusaha melindungi tempat pembuahannya dengan baik, di dalam plastik rumah kacanya yang khusus.

COMMENT