SHARE THIS ARTICLE

gameboydalem

Meski kini tergerus oleh berbagai platform mesin game yang lebih canggih, tak dapat dipungkiri kelahiran Game Boy di masa lalu memberikan standar baru bagi mesin game portabel kala itu. Apalagi dengan harga yang boleh dibilang cukup terjangkau, tak mengejutkan bila mesin game buatan Nintendo ini sempat mendominasi. Di Indonesia sendiri kelahiran Game Boy memberikan kekaguman bagi gamer-gamer saat itu yang kebanyakan masih berumur belia.

Biasa merasakan grafis ala kadarnya lewat mesin game portable gamewatch –- lebih populer dengan sebutan Gimbot — hadirnya Game Boy dengan tampilan monochrome resolusi 160×144 pixel pada layar 2,5 inch jelas membuat penggila gamewatch saat itu kagum bukan kepalang. Apalagi Game Boy seakan menjadi titisan dari mesin game 8-bit yang saat itu sangat populer seperti Nintendo, Spica, dan yang lainnya. Meski absen kelir warna karena layar monokrom, Game Boy generasi pertama yang saat itu dipersenjatai prosesor besutan Sharp dengan kecepatan closk 4,19 MHz serta RAM dan VGA berkapasitas 8 KB, mampu menyodorkan sensasi yang sama namun dengan kemasan oleh yang jauh lebih portabel dan dapat digenggam. Sayangnya seiring meningkatnya teknologi, mesin game portabel yang lahir pada 21 April 1989 ini harus mengakui kedigdayaan kompetitornya yang tampil lebih baik.

Pun Nintendo beberapa kali melakukan improvisasi pada GameBoy hingga yang paling terbaru adalah 3DS yang mampu menyodorkan sensasi 3D tanpa kacamata, namun ketatnya kompetisi mesin game portabel sejak kehadiran PlayStation Portable sepertinya harus memaksa Nintendo untuk berinovasi lebih baik lagi.

Makin sulit kala banyaknya pengembang game kelas dunia yang mulai meninggalkan platform game Nintendo karena spesifikasi yang dianggap kurang memadai. Akibatnya, varian GameBoy saat ini pun terkena imbasnya.

Meski Nintendo masih ditemani oleh banyak pengembang game asal Jepang, hal tersebut nyatanya belum cukup membantu. Faktanya hanya sebagian kecil gamer yang menyukai genre unik yang biasa disodorkan oleh game-game Jepang.

Namun apapun itu, pengabdian 25 tahun bukanlah pencapaian yang mudah dilakukan, dan Game Boy lewat berbagai variannya berhasil menunjukkan eksistensinya di jagat game hingga 2,5 dekade.

Selamat hari lahir Game Boy!

Source : inet.detik.com
COMMENT