SHARE THIS ARTICLE
Kacang panjang juga enak dibuat tempura (Foto: Huffingtonpost)
Kacang panjang juga enak dibuat tempura (Foto: Huffingtonpost)

Tempura identik dengan udang. Padahal, ada sejumlah bahan makanan lainnya yang bisa kita olah sebagai tempura.

Tempura adalah cara pengolahan bahan makanan yang dicelupkan ke dalam adonan tepung terigu dan kuning telur. Setelah terbalut, kemudian digoreng dalam minyak banyak yang panas atau deep frying.

Berikut bahan makanan selain udang yang bisa Anda olah sebagai tempura, seperti dilansir Huffingtonpost, Rabu (7/1/2015).

Tempura cumi-cumi

Selain udang, cumi-cumi umum dibuat sebagai tempura. Cumi-cumi dipotong berbentuk cincin kira-kira tiga centimeter.

Tempura asparagus

Asparagus sudah umum diolah sebagai tempura. Sayuran berbentuk batang atau stik ini setelah menjadi tempura nikmati dicelup ke mayones atau kecap asin.

Tempura rumput laut

Rumpul laut kini menjadi cemilan yang sedang tren. Jika bosan dengan cemilan yang itu-itu saja, Anda bisa mengolah rumput laut sebagai tempura yang garing.

Tempura bunga dandelion

Lagi dari bahan bunga, bunga dandelion ternyata juga kerap diolah sebagai tempura. Cara menikmatinya dengan dicelup ke dalam kari yang gurih.

Tempura bunga chive

Selain makanan laut, sayur-sayuran, tanaman liar juga kerap diolah sebagai tempura. Salah satunya yaitu bunga chive atau dikenal juga bunga kucai. Bunga berwarna ungu dan bertangkai panjang ini memiliki bau seperti bawang putih.

Tempura wortel dan udang

Bosan dengan bakwan? Anda bisa mengolah wortel yang telah dipotong panjang-panjang sebagai tempura. Mencampurnya dengan udang akan terasa nikmat.

Tempura kacang panjang

Ingin makan kacang panjang dengan cara yang berbeda? dengan membuatnya sebagai tempura. Membuatnya mudah karena kacang panjang mudah diperoleh di pasar tradisional.

Tempura terong ungu

Terong ungu juga nikmat ketika diolah sebagai tempura. Potong panjang lebar atau pendek sesuai selera Anda.

Tempura jagung

Nah, jika Anda ingin menikmati jagung selain direbus atau dibikin bakwan, gunakan jagung untuk membuat tempura. Tambahkan irisan daun seledri atau bawang agar rasanya lebih nikmat.

Tempura seledri

Seledri pun bisa menjadi pilihan yang enak lagi sehat untuk dibuat sebagai tempura. Anda bisa mencacahnya atau utuh dengan batangnya.

Tempura kale

Daun kale, jika Anda mudah mendapatkannya, bisa juga menjadi pilihan sebagai tempura. Jika susah, Anda bisa menggantinya dengan bayam.

Tempura sayuran

Apapun jenis sayuran bisa Anda olah sebagai tempura untuk memberikan rasa yang berbeda. Seperti tomat, ketimun, kol, daun bayam dan sayuran lainnya.

Tempura bunga squash blossoms

empura dari bunga squash blossoms (Foto:Huffingtonpost)
empura dari bunga squash blossoms (Foto:Huffingtonpost)

Bunga berwarna kuning dengan bentuk terompet ini juga kerap diolah sebagai tempura. Selain bunganya, tangkainya juga diolah sebagai tempura.

Tempura mini banana dan nutella

Kue pun bisa Anda olah sebagai tempura. Wafel dengan isian selai pisang dan coklat bisa jadi pilihan dibuat tempura.

Tempura brokoli

Ingin membuat si kecil doyan sayuran? Anda bisa membuatkan tempura dari bahan brokoli.

Sources :
COMMENT