SHARE THIS ARTICLE

Banyak restoran di Jepang mengkhususkan diri menjual satu jenis makanan saja. Agar lebih familiar dengan jenis-jenis makanan populernya, berikut adalah contoh beberapa restorannya:

  • Sushi-ya
    Restoran Sushi-ya sesuai namanya menjual berbagai macam sushi. Kebanyakan di sushi-ya pengunjung duduk di meja atau counter sushi di belakang para koki sushi. Untuk model sushi semacam ini pengunjung biasanya meminta langsung jenis sushi yang diinginkan ke koki. Harganya relatif lebih mahal dibanding sushi-ya berputar. Beberapa restoran sushi juga menyediakan menu paket, berkisar antara 1050-5250 Yen.
  • Kaiten-zushi
    Kaiten-zushi atau sushi berputar adalah jenis restoran sushi yang menyajikan sushi di conveyor belt. Pengunjung bisa langsung mengambil piring sushi yang sudah tersaji di conveyer belt atau minta langsung ke koki. Biasanya setelah makan, jumlah piring akan dihitung untuk menentukan harga. Ada beberapa tipe piring (biasanya berbeda warna dan corak) yang memiliki harga berbeda-beda. Rata-rata harga sepiringnya antara 105-525 Yen.
  • Soba-ya
    Soba-ya biasanya spesial menjual masakan soba dan udon. Menu mie ini disajikan dengan toping yang berbeda, disesuaikan dengan musim. Masakan soba dan udon disajikan dengan sup panas atau dingin dengan saus khusus, biasanya ada di musim panas.
  • Ramen-ya
    Ramen-ya khusus menjual ramen, yaitu mie telor cina dengan toping umum chashu (irisan babi panggang). Sup ramen ada yang berasal dari rebusan tulang babi atau tulang ikan. Terkadang ramen-ya juga menyediakan nasi goreng ala China dan gyoza.
  • Kare-ya
    Kare-ya khusus menjual nasi kari (kare raisu). Toping pun bervariasi. Biasanya kare raisu terbuat dari sapi.
  • Tonkatsu-ya
    Tonkatsu-ya menjual tonkatsu, yaitu daging babi goreng panir. Korokke (kroket) dan gorengan lain biasanya dijual juga di tonkatsu-ya.
  • Gyudon-ya
    Gyudon-ya spesial menjual gyudon (beef domburi) yaitu nasi di mangkok dengan toping daging sapi. Gyudon-ya biasanya sejenis fast food, harganya berkisar antara 300-600 yen
  • Okonomiyaki-ya
    Okonomiyaki-ya biasanya hanya menjual okonomiyaki yaitu semacam pizza Jepangdan terkadang monjayaki. Pengunjung memasak sendiri okonomiyaki pesanan mereka di hot plate yang ada di atas meja. Harga berkisar antara 800-1500 yen
  • Yakitori-ya
    Yakitori-ya menjual sate ayam ala Jepang. Biasanya restoran yakitori-ya buka di waktu malam. Harga setusuk rata-rata 100 yen.
  • Tempura-ya
    Tempura-ya menyajikan berbagai menu dengan tempura dishes, such as tendon (tempura domburi). Kebanyakan tempura terbuat dari ikan-ikanan dan sayur. Salah satu pilihan makanan untuk umat muslim. Rata-rata satu set harganya antara 500-1000 yen.
  • Unagi-ya
    Unagi-ya menjual makanan dengan toping belut bakar. Harganya rata-rata berkisar dari 1500 yen sampai 4000 yen.
  • Sukiyaki-ya
    Sukiyaki-ya spesial menyajikan masakan sukiyaki dan harganya relatif mahal. Keberadaannya pun hanya beberapa saja di suatu lokasi.

Selain makanan-makanan khas Jepang seperti di atas, banyak restoran lain seperti family restoran yang kebanyakan menyajikan makanan khas italia, dan restoran etnik seperti restoran Thai dan Indonesia, juga banyak restoran dengan masakan luar negeri lainnya.

Source : jamurjepang.wordpress.com
COMMENT