SHARE THIS ARTICLE

8750925388_3165b66c75_h

Jepang tentu saja tidak hanya terkenal karena anime dan musiknya, melainkan juga karena berbagai festivalnya. Salah satu festival yang sangat terkenal adalah Sanja Matsuri.

Sanja Matsuri adalah festival ikonik dari daerah Tokyo tepatnya dilaksanakan di area Asakusa, di sekitar Kuil Sensoji. Festival ini termasuk festival terbesar seantero Jepang karena selama 3 hari pelaksanaannya jalanan di sekitar Asakusa ini akan dipenuhi oleh banyak turis, baik lokal maupun asing, serta para peserta festival. Dikatakan selama 3 hari pelaksanaan festival ini, ada 1,5 sampai 2 juta orang yang datang.

Festival ini rutin diadakan setiap tahunnya pada hari sabtu, minggu ketiga di bulan Mei, dan pada tahun 2014 ini tepat jatuh pada tanggal 17 Mei, namun satu hari sebelumnya yaitu pada hari Jumat akan diadakan arak-arakan besar atau Daigyoretsu serta tarian Binzasara (tarian untuk memohon keberuntungan dan hasil panen yang baik) .

20120602-191638

Inti acara dari Sanja Matsuri sendiri adalah membawa tiga Omikoshi utama mengelilingi daerah di sekitar Asakusa sebagai penghormatan kepada tiga orang yang mendirikan kuil Sensoji yaitu Hinokuma Hamanari, Hinokuma Takenari, dan Hajino Nakamoto. Ketiga Omikoshi ini akan dikeluarkan pada hari terakhir yaitu pada hari minggu.

Namun pada hari kedua, yaitu pada hari Sabtu, akan diadakan parade seratus Omikoshi kecil, di mana anak-anak dan perempuan dapat ikut serta.

Selama membawa Omikoshi ini yang paling menarik adalah ketika Omikoshi ini digoyang naik dan turun. Di mana menurut kepercayaan orang Jepang, ketika Omikoshi ini digoyangkan, kekuatan dewa yang berada di dalamnya akan berpendar dan membawa keberuntungan.

Selain parade Omikoshi dan tetabuhan taiko, atraksi lain yang menarik adalah para pengunjung bisa melihat para anggota Yakuza memperlihatkan tato mereka sambil menjadi penunjuk jalan bagi para pengangkat Omikoshi.

sanja4

Dan selama acara ini berlangsung para pengunjung dapat membeli suvenir dan juga makanan yang dijajakan di sekitar Asakusa.

Jadi buat yang penasaran dan ingin merasakan festival terbesar seantero Jepang ini, bisa datang langsung ke Tokyo pada bulan Mei.

Source: jnto.go.jp

COMMENT