SHARE THIS ARTICLE

Sebuah buku Matematika di Thailand baru-baru ini menarik perhatian pengguna internet. Bukan karena isinya yang luar biasa bermanfaat, melainkan karena sampul bukunya.

mana2

Dilansir dari Rocketnews24, sampul buku berjudul ‘Basic Mathematics’ yang diterbitkan oleh MuangThaiBook tersebut sebetulnya tak ada bedanya dengan sampul buku pelajaran lainnya. Selain terdapat judul buku dan juga informasi lain yang menunjukkan identitas sebagai buku Matematika, buku tersebut dilengkapi dengan gambar seorang ‘guru’ wanita yang sedang memegang buku bertuliskan ‘Mathematics’. Masalah baru muncul saat ada yang menyadari jika wanita dalam sampul buku tersebut ternyata adalah bintang film dewasa Jepang bernama Mana Aoki. Kostum guru yang dikenakan oleh Mana tersebut merupakan bagian dari promo video dewasa-nya, yang secara tak sengaja malah menjadi sampul buku pelajaran.

mana1

Apa boleh buat, buku ‘Basic Mathematics’ tersebut akhirnya dicetak ulang dengan sampul lain. Sayangnya 3000 eksemplar foto Mana Aoki yang menghiasi buku tersebut sudah terlanjur tersebar luas. Mungkin pesan moral yang bisa diambil dari peristiwa ini adalah, berhati-hatilah saat akan menggunakan gambar dari internet. Siapa tahu gambar yang akan digunakan ternyata memiliki makna yang berbanding terbalik dengan yang diharapkan.

COMMENT