SHARE THIS ARTICLE

Resep Nasi Hayashi, sajian kaldu daging lezat yang dituangkan di atas nasiNasi Hayashi adalah hidangan Jepang bergaya barat berupa nasi yang di atasnya dituangkan kaldu daging, yang telah populer sejak awal tahun 1900-an. Biasanya Nasi Hayashi sering ditemukan pada menu yang terdapat di Yoshoku-ya (restoran makanan bergaya barat). Hidangan ini menjadi lebih populer di tahun 70-an dan 80-an di Jepang.

Mengapa dinamakan “Hayashi”? Banyak orang Jepang yang bertanya-tanya tentang hal ini, setidaknya sekali dalam hidup mereka. Tidak ada yang tahu mengapa dan dari mana nama itu berasal, namun ada yang mengatakan bahwa Hayashi (nama keluarga yang umum di Jepang) adalah nama dari seorang koki di suatu restoran yang awalnya membuat hidangan ini sebagai makanan untuk para karyawan. Tetapi ada juga yang mengatakan bahwa hidangan Eropa yang disebut “hashed beef” adalah asal-usul nama makanan tersebut yang entah bagaimana berubah menjadi Hayashi.

Dilansir dari japanesecooking101.com, tidak sulit untuk membuat Hayashi, tapi ada beberapa langkah pembuatan dan daftar bahan yang lebih panjang dari makanan biasa lainnya. Namun, kalian dapat menyajikan Nasi Hayashi yang lezat ini untuk keluarga di rumah dengan sedikit usaha.

Saus demi glace menjadi dasar dari kuah rebusan dagingnya. Saus ini adalah semacam saus kental khas Prancis terbuat dari kaldu sapi dengan roux coklat (tepung kecokelatan dengan lemak), saus tomat dan bumbu yang banyak digunakan dalam masakan Jepang bergaya barat. Di berbagai supermarket manapun di Jepang kalian dapat membeli saus demi glace dalam bentuk kalengan. Namun bagi yang belum pernah melihat saus demi glace, kali ini akan ditunjukkan bagaimana membuat saus ini dari awal.

Waktu persiapan: 45 menit
Waktu memasak: 40 menit
Untuk 4 porsi

Bahan-bahan

–Kaldu Daging–
1 sdt minyak
150 g daging sapi
1/2 bawang merah, cincang halus
1/2 wortel, cincang halus
1 batang seledri, cincang halus
1 siung bawang putih, cincang halus
1 helai daun salam
6 gelas air (sekitar 1500 ml)

Roux
1/3 cangkir tepung terigu (45 g)
1/3 cangkir minyak (80 ml)

–Bumbu–
3 sdm saus Worcester
2 sdm kecap
4 sdm pasta tomat
1 sdm kecap
1/4 cangkir port wine
3/4 sdt garam
1/4 sdt merica
1 sdm mentega

–Bahan utama–
1 sdm mentega
300 g daging sapi, iris tipis dan dipotong kecil-kecil
1 siung bawang merah, iris tipis
7-8 jamur, iris tipis
Nasi
1/3 cangkir kacang polong rebus

Cara pembuatan

Untuk kaldu sapinya, panaskan minyak dalam wajan dan masak daging sapi dalam panci besar. Tambahkan semua sayuran cincang dan tumis beberapa menit. Tambahkan daun salam dan air, dan masak selama 20-30 menit. Saring daging sapi dan sayuran (airnya dapat digunakan untuk sesuatu yang lain atau dibuang), dan tempatkan kaldu kembali panci. Sisihkan.

Untuk roux, dalam wajan penggorengan, tambahkan tepung dan minyak, dan masak di panas sedang terus diaduk hingga warnanya berubah menjadi coklat, sekitar 10 menit. Sisihkan.

Tambahkan semua bumbu dan roux ke kaldu sapi, dan masak dalam api sedang selama 20 menit atau hingga saus mengental.

Dalam wajan besar, tambahkan mentega dan irisan daging sapi masak selama 1 menit, kemudian tambahkan bawang dan jamur dan masak hingga sayuran menjadi lunak. Tambahkan ke sausnya, dan masak selama 2-3 menit.

Untuk menghidangkannya, tuangkan rebusan kaldu di atas nasi dan taburi di atasnya dengan kacang polong.

Source : japanesecooking101.com
COMMENT