SHARE THIS ARTICLE
Salah satu ilusi optik ciptaan Profesor Akiyoshi Kitaoka (Caters News Agency)
Salah satu ilusi optik ciptaan Profesor Akiyoshi Kitaoka (Caters News Agency)

Profesor Akiyoshi Kitaoka (52) dari Universitas Ritsumseikan, di Kyoto, Jepang telah menghabiskan lebih dari satu dekade untuk menciptakan desain gambar bergerak yang disebut ilusi optik. Ia mulai merancangnya pada pertengahan tahun 90-an dan saat ini telah menciptakan ratusan desain.

Dikutip dari daylimail, Sang psikolog hewan ini terinspirasi ketika mempelajari bagaimana desain bisa mempengaruhi monyet di sebuah lembaga neuroscience.

Pada ilusi optik ini, anda akan melihat gambar bergerak-gerak, berputar, bergelombang. Di website pribadinya, Ia memperingatkan untuk tidak melihat ilusi optik ini jika anda baru saja selesai makan. Karena saat menatap desain sang profesor ini anda bisa saja mual, pusing atau sakit kepala.

Ia juga memperingatkan jika anda merasa tidak sanggup setelah menatapnya cukup lama, silahkan tutup satu mata dan alihkan pandangan, jangan tutup kedua mata anda.  Hal ini karena ilusi bisa menjadi lebih menonjol dan efeknya memburuk, ketika mata tertutup sepenuhnya.

Para ilmuwan percaya tes ilusi optik ini dapat meningkatkan kinerja otak karena akan membuat anda berimajinasi. Di samping itu, aktivitas ini juga bisa menjadi sebuah hiburan. Anda bisa melihat ilusi berbeda dengan orang lain saat menyaksikan objek yang sama. Ahli menjelaskan hal ini bisa terjadi karena otak setiap orang memiliki kemampuan interpretasi yang berbeda-beda.

Berikut beberapa ilusi optik yang telah diciptakan Profesor Akiyoshi Kitaoka. Selengkapnya anda bisa melihat di website ini.

Source : klikpositif.com
COMMENT