SHARE THIS ARTICLE

001
Pada tanggal 30 November yang lalu, polisi menangkap seorang pria karena dicurigai memeras Ezaki Glico Co dan menuntut perusahan penganan raksasa Jepang tersebut membayar ¥ 50.000.000.

Tersangka yang adalah seorang pria nampak berusia sekitar 40, nama dan alamat yang tidak diketahui dituduh berusaha melakukan pemerasan. Menurut penyidik, ia tetap diam menghadapi tuduhan yang dialamatkan kepadanya.

Mengingat usianya, polisi yakin tidak mungkin orang itu terlibat dalam insiden pemerasan yang dulu banyak disorot dan menargetkan Ezaki Glico dan M Morinaga & Co di pertengahan 1980-an.

Menurut polisi Prefektur Osaka, pria itu diduga mengirimkan surat pemerasan ke Presiden Ezaki Glico, Katsuhisa Ezaki, (73 tahun) dalam enam kesempatan terpisah antara 29 Oktober dan 25 November, dalam upayanya untuk memeras uang ¥ 50.000.000 secara tunai dari perusahaan yang berbasis di Osaka tersebut .

Dalam salah satu surat, ia meminta uang tunai dari pihak perusahaan tersebut untuk diserahkan di pintu gerbang Tokyo Disneyland di Urayasu, Prefektur Chiba, pada malam November 30. Sekitar 150 penyidik dari Polda Prefektur Osaka dan Departemen Kepolisian Metropolitan dikerahkan dan berhasil menangkap seorang pria yang terlihat mencurigakan di dekat pintu gerbang.

Menyebut dirinya sebagai Kaijin 28-go” dalam surat pemerasan tampaknya mengejek Kaijin 21menso“, sebuah kelompok kriminal yang disebut dalam insiden pemerasan tahun 1980 tersangka menulis dalam salah satu kalimatnya, Sudah 30 tahun akibat insiden yang diakibatkan mereka (GlicoMorinaga) , dan saya hampir kehabisan uang. Saya akan meminta Anda sekali lagi (untuk uang tersebut), jika anda tidak ingin mendapat masalah mempunyai produk Anda yang diberi label dengan peringatan ‘ mengandung racun’.” Surat-surat tersebut dicetak secara horizontal dan dikirim di Tokyo.

Source : Mainichi Shimbun
COMMENT