SHARE THIS ARTICLE

oshin1

Adakah di antara kita yang tahu atau ingat dengan drama berjudul Oshin? Mungkin sebagian dari kita ada yang pernah menontonnya karena drama tersebut pernah ditayangkan di TVRI tahun 1983 silam.

Oshin adalah sebuah drama legendaris produksi NHK, dan ditayangkan di Jepang dalam kurun waktu 2 tahun, tahun 1983 hingga 1984, sebanyak 297 episode. Drama tersebut adalah drama yang berhasil mendapatkan rating terbesar dalam sejarah drama di Jepang, dengan rating 52,6% (di daerah Kanto) dan rating tertinggi 62,9%. Dan kini, drama yang naskah aslinya ditulis oleh Sugako Hashida ini akan mendapatkan adaptasi layar lebar, dan para pemeran utamanya telah terungkap dalam sebuah acara presentasi tanggal 5 Februari kemarin.

oshin2   oshin3

Oshin bercerita mengenai kehidupan Oshin, seorang wanita yang lahir di desa miskin di Yamagata, dan hidup dengan kuat dan pantang menyerah menghadapi semua kesulitan yang ia temui selama hidupnya hingga akhirnya ia berhasil menjadi seorang wanita sukses dan kaya raya. Dalam film layar lebar yang akan disutradarai oleh Shin Togashi, cerita di dalamnya terutama akan menampilkan Oshin saat ia beranjak remaja. Ceritanya akan menggambarkan saat Oshin tumbuh dengan anggun di Yamagata yang miskin namun indah, dengan terus memikirkan keluarganya walaupun mereka tertimpa banyak kesulitan. Ceritanya akan mengikuti naskah asli milik Hashida 30 tahun yang lalu, namun dengan beberapa penambahan cerita.

Para pemeran utama yang diumumkan saat acara presentasi tersebut adalah Kokone Hamada sebagai tokoh utama Oshin, Aya Ueto sebagai Fuji (ibu Oshin), Kayoko Kishimoto sebagai Tsune (seorang pembantu di toko kayu milik majikan pertama Oshin), Ayako Kobayashi sebagai Mino (nyonya muda di Kaga-ya, majikan kedua Oshin), Ryosuke Nogi sebagai Seitaro (master di Kaga-ya), Jitsuko Yoshimura sebagai Naka (nenek Oshin), Shinnosuke Mitsushima sebagai Shunsaku (seorang desertir), Ishimatsu Guts sebagai Matsuzou (pembakar arang), dan Pinko Izumi sebagai Kuni (nyonya muda di Kaga-ya). Dalam presentasi tersebut, Ueto, Izumi, Hamada, Hashida, dan sutradara Togashi muncul.

oshin5   oshin4

Ueto berkomentar, “Aku merasa bersyukur pada semua yang telah memilihku untuk peran ini, namun aku juga merasa terbebani dengannya. Aku tahu banyak yang berkata bahwa masih terlalu dini untukku memerani peran ini, atau bahwa aku tidak cocok berperan sebagai seorang ibu, namun Pinko-san memberiku sebuah nasihat bagus: ‘Semua akan baik-baik saja selama kau memainkan peranmu dengan sebaik mungkin. Aku tahu kau pasti bisa melakukannya’. Jadi aku akan memainkan peran ini dengan seluruh kemampuanku!” Aktris cilik pemula Hamada yang terpilih berperan sebagai Oshin dari 2.500 peserta audisi, muncul dalam kostum untuk perannya tersebut, dan berkata, “Aku akan berusaha sebaik mungkin dalam memerani peran Oshin,” dan kemudian kedua pipinya memerah karena malu.

Seluruh proses syuting film ini akan dilakukan di Yamagata, dan dikatakan akan dimulai pada pertengahan bulan Februari. Film ini sendiri akan mulai diputar pada bulan Oktober mendatang.

oshin6   oshin7

oshin8

Sources :
COMMENT