SHARE THIS ARTICLE

Kalau kalian memberikan hadiah untuk orang yang berulang tahun atau tamu yang sudah lama tidak bertemu, bagaimana kalian akan membungkusnya? Bagaimana kalau kalian mencoba membungkusnya dengan cara origata? Di Jepang, sudah menjadi kebiasaan atau tradisi bagi berbagai keluarga untuk menyajikan beberapa permen/kue yang manis dalam kemasan kertas yang terbungkus rapi ketika tamu yang datang ke rumah bersiap untuk pergi. Permen/kue tersebut biasanya dibungkus dengan cara origata. Apa sih origata itu?

Origata, seni membungkus hadiah dari Jepang (1)Seperti dikutip dari blog.la76.com, origata adalah seni membungkus hadiah dengan menggunakan satu lembar kertas, yang kemudian dilipat berkali-kali dan diikat, tetapi tidak dipotong. Teknik ini secara tradisional menggunakan kertas buatan tangan (washi) untuk mengekspresikan keindahan, etiket dan budaya, dan menunjukkan rasa hormat ke penerima, mulai dari teknik yang sederhana hingga yang rumit. Untuk membungkus dengan cara origata ada suatu sistem dan aturan yang telah dibuat. Penerima hadiah, jumlah barangnya, acara/kesempatan, dan bahkan musim dapat menentukan gayanya.

Origata, seni membungkus hadiah dari Jepang (2)Gaya membungkus origata ini ditujukan untuk meningkatkan bentuk hadiahnya dan memberikan beberapa petunjuk tentang isi hadiahnya, tapi bukan untuk menyembunyikan hadiahnya. Misalnya, di Jepang daun teh berkualitas tinggi sering diberikan sebagai hadiah. Ketika membungkus teh hitam (dikenal sebagai ko-cha), kertas merah dimasukkan ke dalam celah di bagian atas hadiahnya, kemudian dilapisi dengan plastik agar apa yang ada dalam hadiahnya sekilas dapat terlihat.

Origata, seni membungkus hadiah dari Jepang (3)Melalui origata, ada banyak pesan lainnya yang dapat diungkapkan, itulah yang membuatnya menarik. Misalnya, Kichi no tsutsumi, yang artinya adalah lipatan keberuntungan, selalu dilipat di bagian kanan depan, sehingga menciptakan lubang yang kecil di sisi kirinya. Perasaan yang dipenuhi dengan kebahagiaan diungkapkan dengan cara ini. Untuk acara ulang tahun dan acara-acara bahagia, gaya origata seperti ini harus kalian gunakan. Tapi sebaliknya, Kyo no tsutsumi, lipatan kemalangan, lipatannya ada di sisi kiri, yang mengungkapkan simpati dari pemberi hadiah untuk penerimanya, sehingga harus digunakan untuk pemakaman.

Untuk menunjukkan ekspresi kepada penerima hadiah, origata memang membutuhkan sedikit usaha ekstra tetapi hal itu sangat berharga.

Source : blog.la76.com
COMMENT