SHARE THIS ARTICLE

Edamame, apa itu? Mungkin belum banyak masyarakat yang mengenal tanaman yang satu ini. Edamame adalah sejenis kacang kedelai berwarna hijau yang berasal dari Jepang.

edaname
Edamame ini berbeda dengan kedelai biasa. Yang membedakannya dengan kacang kedelai yang lain adalah bijinya yang lebih besar, teksturnya yang lebih halus dan rasanya yang lebih manis dari kacang kedelai biasa.

Edamame ini dapat kita gunakan sebagai makanan camilan yang sehat lho, karena edamame mempunyai beberapa kandungan tertentu yang memiliki nilai gizi yang tinggi. Edamame ini di pasaran dapat kita temukan dalam bentuk segar, beku maupun dalam bentuk jus.

Kandungan Edamame

Apa saja kandungan edamame? Edamame mengandung berbagai zat gizi seperti vitamin A, C, serat, protein, antioksidan dan berbagai mineral. Bahkan edamame merupakan satu-satunya sayuran yang mempunyai kandungan 9 asam amino esensial yang biasanya didapat dari daging atau telur.

Dalam satu cangkir, kacang kedelai edamame mengandung 120 kalori, 9 gr serat, 2,5 gr protein dan 13 gr karbohidrat. Edamame juga mengandung zat isoflavon yang merupakan kunci yang menyebabkan kedelai dapat dimanfaatkan untuk memerangi penyakit tertentu.

edamame-saladManfaat edamame

Berbicara tentang manfaat kacang kedelai yang satu ini sangat menyenangkan. Dengan banyak kandungan yang terdapat dalam edamame, buah yang satu ini dapat digunakan untuk memerangi beberapa penyakit.

Dengan kadar antioksidannya yang tinggi, edamame dapat digunakan untuk menjaga daya tahan tubuh, selain itu, antioksidan yang terdapat dalam edamame dapat menangkal radikal bebas yang dapat memicu timbulnya penyakit kanker. Antioksidan yang terdapat dalam edamame dapat juga mencegah penuaan dini.

Edamame yang kaya akan isoflavon yang terdiri atas genistein, daidzein dan glicitein juga dapat menurunkan kolesterol dalam darah dan mencegah penyakit jantung, mengurangi risiko kanker prostat dan kanker payudara, serta membantu mengatasi gangguan saat menopause.

Edamame cocok dikonsumsi oleh mereka yang sedang melakukan diet, karena edamame mengandung serat yang tinggi. Selain itu, mengonsumsi edamame dapat membuat perut kita terasa kenyang lebih lama.

Manfaat lain yang dapat kita peroleh dari edamame adalah dapat mencegah osteoporosis, alzheimer, migrain, dan sebagai anti inflamasi, sehingga dapat mengurangi peradangan.

Dengan manfaatnya yang segudang tadi, maka tak ada salahnya kita mencoba makanan yang satu ini. Edamame sangat cocok untuk berbagai kalangan, mulai dari anak–anak hingga orang dewasa.

Tertarik untuk mencobanya?

Source : teruskan.com
COMMENT