SHARE THIS ARTICLE

Es serut adalah khas musim panas di Jepang. Es serut memang paling nikmat disantap saat sedang panas-panasnya. Kalau begitu, tidak bisa makan es serut di musim lain? Jangan salah. Ada tempat khusus untuk menikmati es serut kapan saja.

Toko es serut kerent di tengah-tengah Roppongi

Toko spesialis es serut “yelo” ini baru dibuka pada bulan April 2014 dan segera menjadi bahan perbincangan. Lokasinya sangat strategis, hanya 2-3 menit jalan kaki dari stasiun Roppongi.

Berbeda dengan toko es serut lainnya, “yelo” buka sepanjang tahun. Waktu operasionalnya adalah jam 11 pagi hingga jam 5 pagi keesokan harinya. Cocok untuk pusat hiburan dan bisnis seperti Roppongi yang tak pernah tidur.

Toko ini terdiri dari satu lantai. Lantainya agak turun sehingga separuh tokonya berada di bawah permukaan tanah. Untuk memasuki toko, turunlah melalui tangga yang ada di sebelah kiri papan nama toko.

Bendera bertulisakan “氷(es)” di bagian luar memberikan kesan seperti warung es serut di tepi jalan. Namun, begitu masuk pengunjung disambut dengan suasana bar yang tenang.

Di dalam terdapat 6 tempat duduk counter dan 5 tempat duduk bermeja untuk berdua. Untungnya ketika saya berkunjung ada tempat kosong.

Berbeda dengan es serut yang memiliki kesan sejuk, interior toko diliputi oleh warna merah sehingga memberi kesan hangat. Kata pelayan toko, interiornya dibuat seperti ini agar ketika musim dingin pun pengunjung dapat merasa hangat.

Bermacam rasa dan variasi topping

Menu berbentuk kipas menyambut pengunjung di meja.  Di dalamnya terdapat jajaran foto es serut yang tampak menggiurkan.

  • Tiramisu
  • Karamel
  • Lassi mangga
  • Stroberi
  • Buah beri (4 macam)
  • Wortel organik dan keju mascarpone
  • Alpukat dan keju mascarpone
  • Masala Chai
  • Matcha
  • Cafe au lait

Inilah sepuluh menu reguler di “yelo”. Semuanya menu unik yang tidak dapat dijumpai di toko es serut biasa.

Ada juga topping kacang almond, oreo, jeli susu, jeli kacang azuki, tapioka, dan lain-lain. Di menu tertulis nama-nama topping yang sesuai dengan masing-masing rasa es serut. Pengunjung juga bisa membuat kombinasi sendiri sesuai selera!

Lima menit setelah memesan, es serut pun jadi. Tampilan warnanya menarik. Porsinya begitu banyak seakan-akan mau tumpah dari wadahnya.

Berbeda dengan es serut biasa, es serut “yelo” lembut seperti gulali dan juga creamy. Dinginnya tidak menusuk dan esnya terasa lembut di lidah.

Rasa Matcha adalah kombinasi dari teh hijau dan kacang azuki dalam “Uji-kintoki” yang kemudian dipadu dengan susu. Cocok untuk yang tidak begitu suka rasa manis.

Rasa Lassi mangga merupakan campuran jus mangga segar dengan yogurt. Rasanya yang segar dan manisnya yang pas membuat ketagihan.

Rasa Masala Chai diberi topping jelly dan dihias dengan indah. Saya memesan tambahan tapioka dengan membayar plus 100 yen. Tapiokanya yang bening tersaji dalam tempat terpisah.

Ada dua cara menikmati tapioka ini. Tapiokanya enak dimakan bersama es serut. Bisa juga setelah es serut habis tapiokanya dimasukkan ke dalam sisa susu dan jadi susu kelapa.

Karamelnya terasa bittersweet. Saya memesan tambahan alkohol (kadar 20%). Alkohol yang dituang ke atas es serut membuat perpaduan yang harmonis dengan susu dan karamel.

Apa rahasia kelezatannya?

Es serut “yelo” spesial karena rasanya meresap ke suap terakhir. Menurut pegawai “yelo”, rahasianya adalah menuang sirop orijinal sebanyak lima kali ketika memasukkan es serut ke dalam wadah.

Dengan menggunakan es murni, Es serut “yelo”  tidak menusuk lidah dan segera lumer di dalam mulut. Saking lembutnya rasanya lebih mirip es krim daripada es serut. Dan lagi es serut yelo tidak membuat kepala pusing karena temperaturnya lebih tinggi dari es serut biasa.

Setelah puas makan-makan di Roppongi, es serut yang lembut dari “yelo” cocok untuk dijadikan makanan penutup.

Informasi

yelo

Alamat:Tokyo-to,Minato-ku,Roppongi 5-2-11 Patio Roppongi 1F
Nomor telepon:03-3423-2121
Waktu operasional:11:00~5:00 (keesokan harinya). Hari Minggu 11:00~23:00
Hari libur:tidak ada
Stasiun terdekat:Tokyo Metro atau Toei Chikatetsu Stasiun Roppongi
Akses:Stasiun Roppongi pintu A3 (jalan kaki 4 menit)
Harga:Matcha 850 yen, lassi mangga 850 yen, Masala chai (tanpa topping) 750 yen,  karamel (tanpa topping) 800 yen
Situs resmi:http://yelo.jp/

 

PENTERJEMAH

Katya A.C.

  • Katya A.C.
Penerjemah Bahasa Indonesia, Inggris, dan Jepang. Cinta novel, anime, manga, film, drama, musik, dan makanan pedas. Sedang belajar di Osaka, Jepang.

 

COMMENT