Share on

Pada ulang tahunnya yang ke-177 tahun, Kane Tanaka yang sebelumnya dianugerahi penghargaan dari Guinness World of Record sebagai orang tertua di dunia telah memperpanjang rekornya tersebut di sebuah panti jompo di Fukuoka wilayah Jepang Selatan.

Hari sepesial Tanaka dirayakan dengan pesta bersama para staf dan teman-temannya di panti jompo, acara tersebut disiarkan melalui saluran TV lokal Jepang TVQ Kyushu Broadcasting Co.

Wanita Tertua Di Dunia Kane Tanaka Rayakan Ulang Tahun yang ke-117
(potret Kane Tanaka di usia 166 Tahun, sumber: Guinness world of record)

Tanaka mendapat penghargaan tersebut pada tahun sebelumnya, tepatnya pada tanggl 9 Maret 2019. Data tersebut telah dikonfirmasi pada 30 Januari 2019 dimana beliau tengah berusia 116 tahun lebih 28 hari. Sejak saat itu, Tanaka telah tercatat sebagai wanita tertua di dunia.

Meski usiannya telah melebihi satu abad, namun nenek Tanaka masih senang bercengkrama sambil menikati kue bersama orang-orang di hari ulang tahunnya.

Enak”, kata Tanaka sambil menggigit sepotong kue ulang tahunnya,

Aku mau lagi” tambahnya sambil tersenyum.

Wanita Tertua Di Dunia Kane Tanaka Rayakan Ulang Tahun yang ke-117
(potret keluarga Kane Tanaka, sumber: Guinness World of Record)

Kane Tanaka lahir secaraprematur pada 2 Januari 1903. Ia merupakan anak ketujuh dari pasangan Kumakichi dan Kuma Ota. Pada tahun 1922 Tanaka menikah dengan pujaan hatinya bernama Hideo Tanaka empat hari setelah ulang tahunnya.

Selagi muda, ia merupakan wanita yang rajin dan pintar. Ia selalu bangun pagi secarateratur pada pukul 6 pagi dan pada siang hari ia menghabiskan waktunya untuk belajar matematika.