Berita Jepang | Japanesestation.com

Kota Ogawara di Prefektur Miyagi baru saja melakukan penanaman pohon sakura varietas baru di tepi Sungai Shiroishi sepanjang 8 kilometer. Pohon sakura varietas baru ini ditanam berdampingan dengan pohon sakura yang sudah ada.

Kumpulan siswa dari SMA Shibata Norin bersama Masayuki Ogata, seorang arborist (ahli arsitektur lanskap), mengembangkan pohon sakura baru dengan nama Ogawara Sennen Zakura. Tujuh pohon sakura muda yang ditanam dikenal dengan nama Hitome Senbon Zakura. Pohon sakura muda ini melambangkan harapan agar pohon tersebut dapat tumbuh subur hingga seribu tahun lagi. ‘Sennen’ memiliki arti seribu tahun, sementara ‘senbon’ memiliki arti seribu pohon. Nama Ogawara Sennen Zakura berhasil dipilih dari 451 entri yang dikirimkan di seluruh Jepang.

Upacara penanaman yang dilaksanakan akhir maret lalu dihadiri 30 orang termasuk siswa dari SMA Shibata Norin. Pohon sakura baru ini dapat tumbuh hingga empat meter dan memiliki warna merah muda yang lebih pekat dari pohon sakura Someiyoshino. Pohon sakura baru ini diperkirakan akan berbunga dalam lima tahun mendatang.