Share on

Di antara Tokyo Disneyland dan Universial Studios Japan, menurutmu mana yanag lebih oke sih? Melihat tanda-tandanya, mungkin jawabannya adalah Disney, ya? Disney memiliki 1 extra park dibandingkan USJ, makanan musiman yang tak terhitung, serta event dan parade yang selalu terasa fresh dan menyenangkan. Namun, USJ bukanlah lawan yang lemah lho, USJ memiliki atraksi anime dan video game yang terus berganti, Harry Potter World, dan Super Nintendo World yang akan segera hadir. Benar-benar pilihan yang sulit.

Namun, fans theme park di Jepang tentunya memiliki  jagoan mereka masing-masing, dan sepertinya preferensi mereka ditentukan berdasarkan tempat tinggal mereka. Untuk membuktikan hal ini, pada 22 September 2019 hingga 28 April 2020, sebuah situs berita dan informasi J-Town Net membuat survey terkait theme park manakah yang lebih disukai, Tokyo Disneyland atau Universal Studios Japan yang direspon oleh 1186 orang dengan hasil yang menunjukkan adanya perbedaan mencolok antara Jepang bagian timur dan barat.

Peta yang menggambarkan thema park manakah yang lebih disukai oleh mayoritas responden dari setiap prefektur (merah untuk Disney, biru untuk USJ, dan putih untuk prefektir di mana USJ dan Disney seri).- (soranews24.com)
Peta yang menggambarkan thema park manakah yang lebih disukai oleh mayoritas responden dari setiap prefektur (merah untuk Disney, biru untuk USJ, dan putih untuk prefektur di mana USJ dan Disney seri) - (soranews24.com)

Dilihat dari skala nasional, Disney menang dengan perbedaan angka sedikit lebih besar dengan total vote sebanyak 56,8 persen dari total vote. Namun jika diperhatikan baik-baik,  kebanyakan orang yang lebih menyukai Disney tinggal di timur Jepang, sementara fans USJ kebanyakan tinggal di daerah barat. Responden dari 16 prefektur di timur Jepang lebih menyukai Dosney, dan hanya empat prefektur yang lebih memilih USJ. Sementara di barat Jepang, 13 prefektur lebih memilih USJ, meski Disney ternyata cukup disukai di tujuh prefektur lain di daerah barat.

Universal Studios Japan (soranews24.com)
Universal Studios Japan (soranews24.com)

Jika dilihat dari persemtase, di bagian timur Jepang, 61,4 persen memilih Tokyo Disney dan 38,6 USJ. Sangat kontras dengan responden dari  bagian barat Jepang dengan 56,4 persen responden mengatakan mereka memilih USJ dan 43,6 persen responden mengatakan mereka memilih Disney. Hasil ini memang tidak mengejutkan, karena USJ terletak di Osaka, bagian barat Jepang dan Disney terletak di bagian timur Jepang.  Mungkin karena jarak inilah yang membuat masing-masing theme park terlihat lebih menarik di mata para pengunjungnya.

Hasil serupa juga didapat jika kamu melihat prefektur di mana theme park itu terletak. Responden dari Prefektur Chiba, di mana Tokyo Disneyland terletak, mengatakan mereka lebih memilih Disney (80 persen), sementara mereka yang tinggal di Osaka memilih USJ (69 persen).

Parade di Tokyo Disneyland (soranews24.com)
Parade di Tokyo Disneyland (soranews24.com)

Untuk alasan mengapa para responden lebih memilih salah satu taman tersebut dibandingkan dengan yang lain sebenarnya tidak ditanyakan dalam survey. Namun untuk mengetahuinya, mungkin kita bisa mencoba mengunjungi netizen pengguna  Twitter:

“Bagiku USJ lebih menyenangkan dibanding Tokyo Disney. Teknolgi 3-D mereka sangat mengagumkan, Ditambah lagi, semua atraksi dan wahana mereka sangat mengasyikkan.”

“Aku lebih menyukai Disney Resort dibanding USJ. USJ tidak memiliki karakter yang aku sukai, jadi aku tidak ingin menaiki wahananya.”

“USJ memiliki lebih banyak wahana jika dibandingkan dengan Disney. Aku juga menyukai atraksi lain di sana. Apakah kalian setuju?”

“Cast milik Disney lebih menakjubkan, dan kamu tidak bisa melihat dunia luar dari dalam taman. Makanannya juga lebih enak dan murah, jadi aku berharap bisa tinggal lebih dekat dengan Disney.”

Jadi, manakah yang kamu pilih? Tokyo Disneyland atau Universal Studios Japan? Apakah kamu pernah mengunjungi keduanya? Jika iya, manakah yang lebih kamu sukai? Bisa jawab di kolom komentar di bawah ya!