Berita Jepang | Japanesestation.com

Tiket masuk Kastil Himeji, sebuah Situs Warisan Dunia UNESCO, kemungkinan akan mengalami kenaikan hingga empat kali lipat, sebagai tanggapan atas meningkatnya jumlah wisatawan yang berkunjung.

Dilansir melalui Kyodo News, Pemerintah Kota Himeji mengaku pada Hari Senin (17/6) bahwa mereka mempertimbangkan akan menaikkan tiket masuk hingga empat kali lipat khusus untuk wisatawan asing yang berkunjkung, Walikota Hideyasu Kiyomoto membuat pernyataan tersebut di hari sebelumnya di sebuah simposium internasional di Kota Himeji, Prefektur Hyogo.

Sekitar 1,48 juta orang mengunjungi kastil pada tahun fiskal 2023, dan 452.300 di antaranya adalah orang asing, mencapai 400.000 untuk pertama kalinya sejak data tersedia pada tahun fiskal 1992, menurut pemerintah kota.

Kastil Himeji atau Himejijō (姫路城), juga dikenal sebagai Kastil Bangau Putih (Shirasagijo) karena penampilannya yang elegan dan berwarna putih, secara luas dianggap sebagai kastil paling spektakuler di Jepang karena ukurannya yang mengesankan serta keindahan halaman kastilnya yang kompleks dan terawat dengan baik. Kastil ini merupakan harta nasional dan situs warisan dunia.

Saat ini, Kompleks kastil yang selesai dibangun pada tahun 1609 tersebut menetapkan biaya masuknya sebesar 1.000 yen untuk orang dewasa.

"Kami ingin mengenakan biaya sekitar 4,735 yen atau 30 dollar untuk orang asing dan sekitar 789 yen atau 5 dollar untuk penduduk setempat," kata Kiyomoto pada simposium tentang warisan budaya dan bencana alam, menurut seorang pejabat kota.

kastil tercantik di Jepang japanesestation.com
Kastil Himeji (Culture Trip)

Pemerintah kota mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa mereka akan mengambil langkah-langkah yang tepat untuk mewujudkan pariwisata yang berkelanjutan karena perbaikan dan pemugaran kastil akan terus dibutuhkan.

Mereka juga menyebut bahwa banyak kastil Warisan Dunia di luar negeri yang memungut biaya yang lebih tinggi daripada Kastil Himeji.

Di tengah lonjakan pariwisata yang masuk ke Jepang, pemerintah daerah mencari dana tambahan untuk memelihara infrastruktur pariwisata dengan memperkenalkan atau meningkatkan biaya. Hal ini termasuk destinasi populer seperti Gunung Fuji dan Kuil Itsukushima.

Kastil Himeji merupakan tempat yang sangat populer untuk melihat bunga sakura selama musim mekarnya yang singkat dan ramai yang biasanya jatuh pada awal April. Selain saat musim semi, pada Golden Week serta liburan musim panas, tempat ini akan dipadati pengunjung yang mengantre memasuki bagian dalam kastil.