Share on

Toshimaen, sebuah taman hiburan berumur 94 tahun di Tokyo akan ditutup pada akhir Agustus mendatang. Menurut pemilik taman pada Jumat (12/6), sebagian area situs ini akan digunakan sebagai area theme park baru bertema Harry Potter yang akan dibuka pada tengah tahun 2023.

Seibu Railway Co telah menandatangani perjanjian untuk menjual bagian besar dari situs berukuran 22 hektar tersebut kepada Pemerintah Tokyo yang berencana untuk membangun sebuah taman yang bisa digunakan sebagai tempat evakuasi darurat jika terjadi suatu bencana. Perusahaan kereta ini juga berencana untuk menyewakan sebagian tanahnya ke Itochu Corp sementara Warner Bros Entertainment Inc. akan mengelola taman hiburan Harry Potter.

Prospek taman hiburan bertema Harry Potter kedua di dunia ini disambut baik oleh Gubernur Tokyo Yuriko Koike.

Penutupan Toshimaen sendiri dijadwalkan pada 31 Agustus mendatang, pengecualian untuk area onsen-nya. Seibu mengatakan, sebelum ditutup, aman hiburan ini akan dibuka kembali pada Senin, 15 Juni 2020 (kecuali area kolam renang), setelah sebelumnya sempat ditutup karena mewabahnya virus corona.

Toshimaen yang dibuka pada tahun 1926 adalah salah satu taman hiburan terbesar di Tokyo dengan lebih dari 30 wahana dan atraksi, termasuk sebuah korsel kayu yang dibuat di Jerman pada tahun 1907 dan dibawa ke taman ini pada tahun 1971. Taman ini juga terkenal dengan berbagai variasi kolam renangnya, seperti kolam berbentuk donat seluas 350 meter yang disebut-sebut sebagai flowing pool pertama di dunia.