Share on

Studio animasi Khara melalui website resminya membuat pernyataan terkait penangkapan presiden Gainax, Tomohiro Maki pada hari Kamis kemarin. Mereka melihat banyak berita yang mengaitkan kasus tersebut dengan Neon Genesis Evangelion dan karya Evangelion franchise. Studio Khara dalam pernyataan tersebut menegaskan bahwa tidak ada keterlibatan Maki pada Neon Genesis Evangelion dan franchise Evangelion, dan perusahaannya tidak memiliki hubungan dengannya.

Advertise With Us

Studio Khara Keberatan Evangelion Dihubungkan Terkait Penangkapan Presiden Gainax
Studio Khara

Studio Khara juga menyatakan bahwa Hideaki Anno sebagai pencipta Evangelion dan juga pendiri Khara, dan Kazuya Tsurumaki yang menjadi anggota dewan studio Khara dan sutradara anime Evangelion “tidak memiliki hubungan apapun” dengan Maki. Selain itu, dalam pernyataan ini juga ditekankan bahwa Anno dan Tsurumaki tidak memiliki hubungan bisnis dengan Gainax, dan Gainax tidak memiliki hak terkait franchise Evangelion.

Studio Khara menyebutkan referensi Evangelion dalam berita tentang penangkapan presiden Gainax ini sangat disesalkan, dan menyatakan bahwa pihaknya sangat keberatan. Khara juga meminta agensi berita untuk tidak membuat pernyataan serupa di masa mendatang. Khara mempertimbangkan untuk menuntut secara hukum jika media masih memberikan referensi tersebut, yang dapat mengakibatkan rusaknya nilai brand studio dan mencemarkan nama para kreatornya.

Studio Khara Keberatan Evangelion Dihubungkan Terkait Penangkapan Presiden Gainax
Evangelion 3.0+1.0

Khara juga mengkonfirmasi bahwa penangkapan Maki ini tidak berkaitan dengan produksi atau perilisan film Evangelion terbaru yaitu Evangelion 3.0+1.0 (Shin Evangelion Gekijoban :||) yang akan ditayangkan pada bulan Juni 2020 mendatang, dan Khara menyampaikan rasa simpatinya kepada korban pelecehan yang dilakukan oleh Maki dan berharap agar wanita tersebut cepat pulih.

Studio Gainax Kyoto juga memberikan pernyataannya melalui postingan twitter dari managing director studionya Yasuhiro Takeda yang juga merupakan salah satu pendiri Gainax yang menyatakan bahwa kedua studio ini merupakan 2 perusahaan berbeda yang terpisah tanpa hubungan kapital.