Share on

Pohon Sakura jenis Somei-Yoshino di Kochi, pulau Shikoku yang sebelumnya telah dipantau oleh badan terkait akhirnya mencapai puncak mekarnya pada hari Senin (19/3), menurut Badan Metrologi setempat.

Advertise With Us

sddefault-1.jpg

Pohon yang bertempat di Kastil Kochi Shikoku ini  mulai berbunga pada hari Kamis (15/3) dan menjadi pohon sakura pertama yang mekar di antara pohon-pohon yang mulai diamati pada awal musim semi ini. Pohon tersebut juga memecahkan rekor sebagai pohon Somei-Yoshino yang mekar penuh paling awal sepanjang pencatatan ini yang dimulai sejak 1953. Rekor ini mengalahkan rekor sebelumnya sebanyak dua hari.

Pohon tersebut mencapai tahap mekar secara penuh 11 hari lebih awal dari rata-rata pohon yang mekar dan juga mencapai waktu mekar lebih cepat 18 hari dari tahun lalu. Agensi tersebut menilai sebuah pohon sakura sudah dalam keadaan mekar penuh apabila 80% atau lebih kuncupnya telah terbuka.

Sebelumnya, sakura mekar dalam waktu tercepat tercatat di Tokyo Chiyoda Ward pada 21 Maret 2002 dan di Perfektur Kochi pada tahun 2010.

Untuk tempat-tempat yang tidak lagi termasuk dalam daftar pantauan, tanggal mekar paling awal adalah pada 20 Maret untuk sebuah pohon di Nishinoomote, Perfektur Kagoshima pada tahun 1973.

[zombify_post]