Berita Jepang | Japanesestation.com

Pemerintah Jepang telah mencabut pembatasan yang diberlakukan pada bisnis lokal, dan utuk pertama kalinya pada tahun 2021, restoran dan bar Tokyo tidak lagi diharuskan untuk berhenti menyajikan alkohol atau tutup pada waktu tertentu mulai tanggal 25 Oktober. Beberapa event juga sudah digelar secara langsung, salah satunya adalah Ikebukuro Halloween Cosplay Festival 2021 yang digelar pada tanggal 30 dan 31 Oktober di Tokyo.

Selain itu, seperti dilansir Timeout dari The Japan Times, pemerintah Jepang saat ini juga tengah berupaya mengurangi waktu karantina untuk para pelaku perjalanan bisnis yang telah melakukan vaksinasi penuh yang datang ke Jepang, dari yang sekarang sepuluh hari menjadi tiga hari saja.

Meski begitu, Nikkei melaporkan bahwa waktu karantina yang lebih pendek tersebut tidak akan berlaku untuk wisatawan asing, yang sebagian besar masih dilarang memasuki Jepang, tetapi akan berlaku untuk warga lokal dan penduduk yang baru kembali dari perjalanan bisnis ke luar negeri. Namun, nantinya para pelajar yang berasal dari luar Jepang juga dapat dimasukkan dalam aturan karantina yang lebih sedikit.

Pemerintah belum secara resmi mengumumkan perubahan kebijakan tersebut, tetapi peraturan terkait karantina tiga hari itu dapat berlaku paling cepat mulai hari Senin depan. tanggal 8 November.

Setelah pengumuman pemerintah baru-baru ini yang melonggarkan peraturan keselamatan Covid-19 sehubungan dengan penurunan kasus aktif, beberapa tempat wisata seperti Tokyo Disney Resort ikut memperpanjang jam bukanya. Mulai tanggal 1 November, Tokyo Disneyland dan Tokyo DisneySea kembali buka mulai pukul 9 pagi, dengan Disneyland tutup pada pukul 8 malam dan DisneySea tutup pada pukul 9 malam setiap malam.