Berita Jepang | Japanesestation.com

Setelah baru-baru ini Tokyo dinobatkan menjadi kota terbaik ke-5 sedunia, kira-kira, ada gak ya kota lain di Jepang yang masuk ke jejeran kota “ter-…” lain? Jawabannya, ada! Ya, Economist Intelligence Unit baru saja merilis ranking kota-kota termahal di dunia versi 2020. Barometer ini mengukur biaya hidup lebih dari 130 kota di dunia, membocorkan seberapa mahal, minum, dan berbelanja di setiap kota dan membandingkannya dengan kota lain. Kota New York pun menjadi patokan untuk survei ini. Nah, kira-kira, kota di Jepang mana ya yang menjadi salah satu dari kota termahal sedunia?

Dan jawabannya sangat mengejutkan. Berdasarkan indeks barang konsumsi,  Zurich, Paris dan Hong Kong seri sebagai kota-kota termahal di dunia pada tahun 2020. Ketiga kota di atas diikuti oleh Singapura di nomor 4, sementara Osaka dan Tel Aviv berbagi tempat di peringkat 5. Nah, di peringkat 10 besar, ada Geneva (7), New York (peringkat 7, seri), Copenhagen (peringkat 9) dan Los Angeles (juga peringkat 9, seri). Anehnya, Tokyo yang terlihat sangat mewah dan serba mahal ternyata sama sekali tidak masuk ke peringkat 10 besar kota termahal!

Go to travel jepang japanesestation.com
Osaka (pakutaso.com)

Untuk menyusun daftar ini, Economist Intelligence Unit melihat harga 138 produk dan layanan di lebih dari 130 kota di seluruh dunia. Perubahan peringkat tahun ini diduga disebabkan oleh pandemi virus corona yang tidak hanya berpengaruh pada biaya hidup, namun juga kebiasan berbelanja dan fluktuasi mata uang di pasar global.

Nah, kira-kira Osaka ada di peringkat berapa ya tahun lalu? Ternyata, malah lebih tinggi, peringkat 3! Sebelumnya, posisi 3 teratas dipegang oleh Hong Kong, Singapura dan Osaka. Namun, posisi tersebut diambil alih oleh Zurich dan Paris pada tahun 2020 ini.

Jadi, apakah teman-teman JS berminat berkunjung ke kota termahal ke-5 sedunia ini?