Berita Jepang | Japanesestation.com

Situs web “Nagoya SDGs Maachi” menyediakan sebuah permainan dimana para pemain mencoba untuk menciptakan kota yang berkelanjutan dengan mempertimbangkan konservasi lingkungan. Pejabat kota Nagoya berharap situs web ini akan memberi anak-anak kesempatan yang menyenangkan untuk belajar tentang Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.

Sustainable Development Goals
17 tujuan dari Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (www.sdg2030indonesia.org)

Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) merupakan agenda internasional yang berisi 17 tujuan untuk membangun dunia yang lebih baik dan berkelanjutan. Tujuh belas tujuan ini adalah hasil dari United Nations Summit di tahun 2015, dan diharapkan agar dapat tercapai di tahun 2030.

Karena ditujukan untuk anak-anak, permainan Nagoya SDGs Maachi mudah untuk dimainkan. Para pemain menggunakan poin untuk menempatkan rumah, perusahaan, taman, dan item bangunan lain di kota seluas 36m2. Setiap item memiliki statistik tersendiri yang berkaitan dengan ekonomi, masyarakat, dan lingkungan. Para pemain dapat menyusun strategi penempatan item bangunan untuk meningkatkan sejauh mana mereka bisa mencapai SDGs.

Tujuan Pembangunan Berkelanjutan
Tampilan permainan Nagoya SDGs Maachi (n-kd.net)

Apabila poin untuk menempatkan item bangunan telah habis, poin permainan dapat diperoleh di Nagoya City Library, Higashiyama Zoo and Botanical Gardens, and Nagoya City Science Museum dengan membaca kode dua dimensi pada panel layar yang membahas tentang SDGs. Selain itu, jika ada seseorang yang mengunggah inisiatif atau ide untuk mencapai SDGs ke situs web tersebut dan kemudian unggahannya ditampilkan di papan buletin, orang tersebut akan memperoleh poin.

Divisi Perencanaan Lingkungan mengatakan, “Menjaga keseimbangan yang baik antara ekonomi, masyarakat, dan lingkungan adalah hal yang penting. Kami berharap anak-anak akan belajar sambil memikirkan apakah kota-kota akan berlanjut sampai ke masa depan dan apakah ada kekurangan.”

Permainan Nagoya SDGs Maachi bisa diakses dan dimainkan melalui link ini: https://www.n-kd.net/sdgs/