Share on

Sebuah Iklan dari ‘Cup Noodle’ dengan menampilkan Naomi Osaka dalam pesannya, menuai kritikan pedas dari netizen. Iklan ini menuai kritikan akibat pesan di dalam iklan tersebut. ‘Cup Noodle’, yang menggunakan imej Naomi Osaka dalam iklannya, menampilkan pesan yang berbeda dari Nike Japan, yang juga menggunakan imej atlet tenis tersebut.

Advertise With Us

Pada tanggal 13 September lalu, Nike Japan menulis dalam tweetnya sebagai ucapan selamat atas kemenangan kedua Naomi Osaka dalam U.S Open Champion, dan juga menyebutkan bahwa apa yang dilakukan oleh Naomi dalam turnamen tersebut merupakan bentuk dukungan kepada gerakan BLM (Black Lives Matter).

Setelah adanya insiden penembakan kepada orang berkulit hitam oleh seorang petugas polisi di Wisconsin pada akhir bulan Agustus yang lalu, Osaka memasuki lapangan dalam setiap pertandingannya dengan menggunakan masker yang bertuliskan nama-nama setiap orang berkulit hitam yang telah dibunuh dalam kekerasan yang berbasis rasisme. Hal ini menjadi acuan atas tweet dari Nike Japan. Dalam tweetnya, Nike Japan menunjukkan foto Osaka yang bersebelahan dengan lapangan, dengan sebuah tulisan “Kemenangan ini adalah untukku, pertempuran ini untuk semuanya.” Kata “semuanya” di gambar tersebut merujuk kepada perjuangan terhadap diskriminasi rasial.

Sedangkan dalam iklan Cup Noodle, yang terdapat dalam twitter resmi Cup Noodle tertulis, “Akhirnya pertempuran dimulai! Kami memikirkan berbagai cara untuk mendukung Naomi Osaka untuk menang, dan kami sampai pada kesimpulan bahwa akan menjadi sebuah kemenangan jika Anda menyukainya, maka kami memasukkan beberapa informasi yang lucu untuk saat ini. Naomi Osaka, berjuanglah!”

Sebagai pelengkap dari tweet tersebut, terdapat gambar Osaka dan tulisan “Aku ingin pergi ke Harajuku. Naomi.” Selain itu, di sebelah foto Osaka, terdapat tulisan lain yaitu, “Naomi Osaka menyukai Harajuku dan menunjukkan bahwa ia sangat suka membuat hal-hal menjadi terlihat modis. Pesonanya adalah ia selalu ikut dalam tren terkini dan mencocokkannya dengan gayanya. Entah itu tenis atau fashion, sangatlah penting untuk selalu memiliki gaya tersendiri. Ngomong-ngomong, jika itu tentang Cup Noodle, kami juga mengetahui apa yang sedang populer, dan bekerja setiap hari untuk mengembangkan banyak rasa.”

Tweet ini mendapat banyak respons negatif dari para netizen karena Cup Noodle hanya menyebutkan tentang “keimutan” Naomi Osaka, bukan dari permainan ataupun dukungan Naomi Osaka terhadap gerakan BLM. Selain itu, banyak netizen yang berkomentar bahwa dalam tweet ini, Cup Noodle seperti menunjukkan bahwa Osaka adalah seorang gadis yang hanya suka berbelanja.