Berita Jepang | Japanesestation.com

Sebuah kota di Hokkaido mengerahkan beberapa robot serigala untuk mengusir beruang yang baru-baru ini mengganggu dan berpotensi membahayakan desa.

Dilansir dari Japan Today, kota Takikawa di Hokkaido tersebut membeli dan memasang sepasang robot serigala setelah beberapa ekor beruang ditemukan menyerang desa terdekat pada September lalu. Pemerintah kota pun mengatakan sejak robot serigala itu dipasang, belum ada laporan baru terkait serangan beruang.  

Pemerintah kota Takikawa juga mengatakan bahwa para beruang semakin aktif dan berbahaya karena mereka mencari makanan sebelum melakukan hibernasi pada akhir November mendatang. Menurut media setempat, menurunnya jumlah biji ek dan kacang-kacangan di alam liar pada tahun inilah yang menyebabkan hewan besar ini turun ke pedesaan untuk bertahan hidup.

Menurut laporan NHK, kasus penampakan beruang di Jepang tengah mencapai titik tertingginya selama 5 tahun terakhir, dengan mayoritas laporan berada di area pedesaan di barat dan timur Jepang. Sejauh ini, ditemukan beberapa laporan penyerangan pada tahun 2020, dengan dua di antaranya berakibat fatal, membuat pemerintah setempat melakukan pertemuan darurat pada bulan lalu untuk membahas masalah ini, yang berujung dengan dipasangnya robot serigala tersebut.

Seperti namanya, robot yang dinamakan 'Monster Wolf' ini memiliki empat kaki dan dilengkapi dengan surai berwarna emas dan mata merah yang tajam dan mengerikan. Saat detektor geraknya diaktifkan, robot ini dapat menggerakan kepalanya, bersinar, dan mengeluarkan 60 suara berbeda, dari suara yang mirip dengan serigala hingga bunyi mesin. 

Pembuat robot tersebut, Ohta Seiki, telah menjual sekitar 70 unit robot serigala sejak tahun 2018 silam. Terkait serigala asli Jepang sendiri, sebelumnya spesies ini berkeliaran di Hokkaido sebelum punah akibat perburuan liar satu abad yang lalu. Karena itu, hadirnya robot serigala ini sangat berguna untuk mengusir beruang yang menyerang desa.