Berita Jepang | Japanesestation.com

Chain convenience store (konbini) FamilyMart Co. dan berbagai perusahaan besar Jepang lainnya sepakat untuk meneruskan program pemberian bantuan makanan bagi anak-anak dari keluarga miskin di masa pandemi ini.

Dilansir dari Asahi Shinbun, FamilyMart juga menggunakan program Children’s Cafeteria mereka untuk mengajari anak-anak tentang bisnis konbini. Bedanya, di masa social distancing ini, perusahaan tersebut menggunakan sebuah sistem video conferencing selama satu jam pada September lalu.

Sistem tersebut akan menghubungkan rumah para partisipan dengan sebuah outlet FamilyMart di Tokyo. Tujuh belas anak dari 5 keluarga dapat menonton sebuah siaran langsung tentang proses penggorengan ayam goreng. Mereka juga akan mendapat snack yang didistribusikan langsung oleh chain konbini tersebut.

Family Mart (matcha-jp.com)

Salah satu konbini tersukses di Jepang ini rupanya bukan hanya berkolaborasi dengan anak-anak di rumah. Pada pertengahan Oktober lalu, sebuah outlet FamilyMart terhubung dengan sebuah pusat penitipan anak di Toda, Prefektur Saitama.

bantuan makanan covid-19 japanesestation.com
FamilyMart Co. di sebuah penitipan anak di Toda, Prefektur Saitama, di mana konbini tersebut menawaarkan makanan dan pengalaman kerja pada anak-anak (dok. FamilyMart).

FamilyMart sendiri memulai bisnis barunya untuk menyajikan makanan bagi anak-anak dari keluarga miskin pada bulan April tahun lalu dengan menawarkan onigiri, roti, minuman dan beberapa produk lain. Para pelanggan pun dapat mencoba bekerja sebagai kasir dan memperhatikan proyek yang tengah berjalan tersebut.

Program Children’s Cafetaria yang ada di 312 outlet FamilyMart di seluruh Jepang ini telah digelar sebanyak 357 kali dan diikuti oleh 4.000 anak dan orang tua. Sayangnya, pandemi virus corona yang menyerang Jepang pun membuat program ini sulit digelar. Karena itulah, Family Mart mengambil cara alternatif dengan menyiarkannya secara online seperti disebut sebelumnya.

Kentucky Fried Chicken Japan Ltd. pun berencana untuk menyediakan bahan-bahan makanan ke 100 fasilitas yang menyajikan makanan murah atau gratis bagi anak-anak kurang beruntung pada akhir tahun mendatang. Mereka juga telah membagikan ayam goreng khas KFC yang telah dimasak dan bagian ayam tanpa tulang (fillet) pada November tahun lalu.

bantuan makanan covid-19 japanesestation.com
Paella yang dibuat dari bahan baku yang diberikan oleh Kentucky Fried Chicken Japan Ltd. dan disajikan di Children's Cafetaria di Saitama (dok. FamilyMart).

Produk-produk tersebut kini didistribusikan ke berbgaai area, seperti Yokohama, Kawasaki dan Prefektur Saitama. Ayam-ayam yang belum terjual tersebut masih sangat layak makan, jadi KFC pun berharap dapat mengurangi makanan yang terbuang percuma.

Sebuah Children’s Cafeteria di Prefektur Saitama menggunakan ayam tersebut untuk kare dan pilaf. Awalnya, meeka menyajikan makanan secara langsung ke anak-anak yang membutuhkan, namun, pada bulan Maret lalu, mereka menutup restorannya dan mulai membagikan makanan dalam kotak dan bahan-bahan makanan.

Kaori Honma, kepala Saitama Ken Kodomo Shokudo Network (Jaringam Children’s Cafetaria Prefektur Saitama), mengatakan bahwa kini tengah terjadi peningkatan kebutuhan makanan murah bagi anak-anak yang diakibatkan oleh pandemi.

“Orang-orang yang sebelumnya tidak pernah mengunjungi Children’s Cafeteria kini menumpuk karena krisis yang diakibatkan virus corona,” ujar Honma.

Coca-Cola Bottlers Japan Inc. Juga mendukung Children’s Cafeterias sejak bulan Mei lalu dengan memasukkan produk mereka ke program tersebut yang berlangsung di Prefektur Saitama dan Kota Hachioji di area barat Tokyo. Pada bulan Juli lalu, Coca-Cola juga mulai bekerja sama dengan Koganei di Tokyo, diikuti dengan Okayama pada bulan September lalu.