Berita Jepang | Japanesestation.com

Biasanya, setiap dua kali dalam setahun, ada satu acara akbar yang ditunggu-tunggu para otaku dan pecinta pop culture Jepang, Comiket. Acara terbesar tempat berkumpulnya para kreator dojinshi Jepang ini memang sangat dinantikan para otaku yang tak segan-segan mengantri dan mengeluarkan uang demi membeli karya terbaru dari kreator favorit mereka. Intinya, setiap Comiket datang, barisan para otaku, mulai dari stasiun hingga pintu mauk Big Sight, jadi fenomena unik tersendiri! Sayangnya, dari Mei 2020 lalu, fenomena ini tak bisa dilihat.

Pandemi virus corona membuat semua rencana kacau, termasuk rencana Comiket yang seharusnya digelar pada Mei 2020 lalu menjadi dibatalkan. Dan Winter Comiket yang biasanya digelar pada bulan Desember pun terpaksa digeser ke Mei 2021. Nah, batalnya Comiket bukan hanya membuat tak adanya aliran dana bagi para kreator dari para otaku, tapi juga hilangnya aliran darah para otaku.

Comiket Venue - Tokyo Big Site (soranews24.com)

Ya, beberapa tahun ke belakang, Palang Merah Jepang memang membuka donasi donor darah di Comiket. Dan untuk menarik perhatian para otaku, Palang Merah Jepang biasanya akan memberi sebuah poster anime eksklusif bagi mereka yang berpartisipasi, dan biasanya, ada sekitar 1.500 otaku yang menyumbangkan sekitar 400 mililiter darah mereka di setiap Comiket. Lumayan kan?

Lantas, bagaimana nih jika tak ada Comiket?

Cukup memprihatinkan. Pasalnya, kini Jepang sedang membutuhkan donasi darah. Namun, selain karena Comiket yang dibatalkan, pandemi pun membuat orang-orang jarang ke luar rumah dan work from home, Palang Merah pun tidak lagi menggelar donasi karena aturan larangan kerumunan besar. Hasilnya, target donasi darah Palang Merah di Tokyo dan Prefektur Kanagawa, Saitama, serta Chiba pun tidak tercapai dan anjlok, mereka hanya mendapatkan sekitar 45.700 donasi 400 mililiter darah dari target, menyebabkan stok darah menurun 80% dari level ideal.

Memang, hasil donor darah dari 1.500 otaku itu tidak terlalu banyak, tapi tetap saja ada kontribusinya kan? Tapi, Palang Merah tetap berusaha untuk mendapatkan perhatian para otaku di musim tahun baru ini kok!

donor darah comiket japanesestation.com
Poster band Argonavis (Twitter: ARGONAVIS_info)
donor darah comiket japanesestation.com
Poster virtual YouTuber Kanata Amane (Twitter: amanekanatach)

Jadi, antara 30 Desember hingga 31 Januari mendatang, Palang Merah akan menghadiahkan para pendonor di pusat donasi darah permanen mereka dengan sebuah set poster bergambar virtual YouTuber Kanata Amane dan band Argonavis dari BanG Dream.