Share on

Sejak terjadi taifun Hagibis pada awal bulan ini, operasi penyelamatan dan pencarian masih dilanjutkan di wilayah timur Jepang pada hari sabtu ini, dimana hujan yang sangat besar menyebabkan beberapa wilayah longsor dan banjir di banyak area.

Sebanyak 9 orang dikonfirmasi telah meninggal di prefektur Chiba dan Fukushima, termasuk wanita yang jasadnya ditemukan di area perumahan kota Chiba dimana tanah longsor menghancurkan rumah menurut pihak kepolisian dan para nara sumber. Beberapa jasad ditemukan dalam mobil yang terendam.

Para pihak penyelamat saat ini menggunakan helikopter untuk melanjutkan pencarian orang-orang yang dapat diselamatkan di Chiba. Beberapa penerbangan ke bandara Narita telah dihentikan pada hari jumat kemarin dikarenakan hujan, sekitar 3.000 orang bahkan sempat bermalam di airport dikarenakan jalur kereta dan bus mengalami hambatan.

Sejumlah 15 sungai yang banjir di prefektur Chiba dikarenakan hujan besar menyebabkan lebih dari 1,800 orang di evakuasi, Pihak pemerintahan mengatakan sebanyak 1,200 anak-anak diselamatkan di sekolahan dan fasilitas lainnya.