Narumi Ishikawa, Mahasiswi Dari Jakarta Osoji Club yang Aktif Bersihkan Sampah


Narumi Ishikawa

Jepang terkenal sebagai salah satu negara yang bersih dan peduli lingkungan. Orang-orang membuang sampah pada tempatnya, bahkan kalau tidak ketemu tempat sampah mereka akan membawa sampah seperti bungkus snack ke rumah masing-masing.


Nah, kalian tahu nggak kalau di Indonesia ada klub yang namanya Osoji Club (klub bersih-bersih) yang beberapa anggotanya dari Jepang dan juga expatriat Jepang yang tinggal di Jakarta. Media partner kami Meibi Photography baru-baru ini berkesempatan melakukan photo interview di Tokyo dengan salah satu member Jakarta Osoji Club yaitu Narumi Ishikawa. Yuk kita cari tahu aktivitasnya seperti apa!

Q: Halo! Bisa sedikit perkenalkan diri kamu?
A: Halo juga! Nama saya Narumi Ishikawa dan saat ini saya mahasiswi di Universitas Chiba. Saya sempat belajar di Jakarta selama 6 bulan.

Q: Di Indonesia kamu aktif di Jakarta Osoji Club ya? Bisa cerita aktivitasnya seperti apa?
A: Iya. Kami kumpul Minggu pagi di dekat Hotel Indonesia, lalu sambil jalan kami memungut sampah yang dibuang sembarangan. Siapapun welcome buat gabung aktivitas kami.

Q: Tujuan aktivitasnya buat apa?
A: Kami ingin orang yang melihat kami berpikir dan sadar tentang pentingnya membuang sampah pada tempatnya. Mungkin kalau mereka melihat bahwa orang asing saja peduli dengan kebersihan Indonesia, mereka akan berpikir dua kali sebelum membuang sampah sembarangan.

Q: Bagaimana reaksi orang-orang yang melihat aktivitas kalian?
A: Waktu ikut cabang di Palembang sebagian besar tanggapannya baik. Misalnya ada yang tertarik dengan slogan di T-shirt kami “Malu buang sampah sembarangan“. Tapi di Jakarta lebih banyak yang cuek atau kadang malah sepertinya nggak suka. Mungkin mereka pikir sudah ada pasukan oranye jadi aktivitas kami dianggap ga perlu. Di situ kadang saya merasa sedih.

Narumi IshikawaQ: Apa pesan kamu buat orang Indonesia?
A: Ayo kita buang sampah pada tempatnya. Saya juga berharap pemerintah lebih proaktif misalnya dengan membangun fasilitas daur ulang.

Q: Kalau mau gabung atau tanya-tanya gimana caranya ya?
A: Tidak perlu ada pendaftaran khusus, tinggal kumpul aja di acara bersih-bersih berikutnya. Untuk detailnya bisa kontak salah satu pengurusnya Joseph Tarigan di [email protected] atau buka page Facebook Jakarta Osoji Club. Ditunggu ya!


What's Your Reaction?

LOL LOL
0
LOL
Sugoi! Sugoi!
5
Sugoi!
Honto Ni? Honto Ni?
0
Honto Ni?
Kanashii Ne Kanashii Ne
0
Kanashii Ne
Nani Kore?! Nani Kore?!
1
Nani Kore?!
Daisuki! Daisuki!
0
Daisuki!
Kowai Kowai
0
Kowai
Kawaii~ Kawaii~
0
Kawaii~
Pilih Format
Trivia quiz
Buat pertanyaan untuk mengetahui seberapa luas pengetahuanmu
Polling
Buat polling dan ajak pembaca untuk memilih
Artikel
Original artikel atau berita seputar Jepang
Artikel List
Buat daftar atau peringkat berita seputar Jepang
Ranked List
Ranked List
Meme
Unggah gambar dan buat meme kalian di sini