SHARE THIS ARTICLE

Berbagai monster yang menjadi mumi, tengkorak naga dan lukisan putri duyung yang antik menarik para pengunjung yang penasaran di Osaka di salah satu pameran bertema “youkai” yang terbesar di Jepang.

Cetakan dari Era Meiji (1868-1912) merupakan bagian dari sebuah pameran di Osaka yang berisi board game besar bertema yokai berjudul "Kokkei Bakemono Sugoroku" (Humorous monster racing game). (Kenta Sujino)
Cetakan dari Era Meiji (1868-1912) merupakan bagian dari sebuah pameran di Osaka yang berisi board game besar bertema yokai berjudul “Kokkei Bakemono Sugoroku” (Humorous monster racing game). (Kenta Sujino)

Pameran Youkai Genju Hyaku Monogatari (100 kisah youkai dan makhluk mistik) berlangsung di Grand Front Osaka di kota Kita Ward hingga tanggal 30 November.

Youkai adalah makhluk aneh dan monster yang muncul dalam cerita klasik rakyat Jepang.

Pameran ini, salah satu yang terbesar dari jenisnya, menampilkan sekitar 200 item yang berkaitan dengan budaya youkai, termasuk mumi buatan dari goblin amfibi Kappa dan humanoid burung Karasu-Tengu yang dibuat selama Periode Edo (1603-1867). Acara ini juga menunjukkan board game yang menampilkan berbagai makhluk seperti Rokurokubi, youkai wanita dengan leher yang sangat elastis, dan Karakasa, youkai payung, yang diproduksi di Era Meiji (1868-1912). Koran-koran dari periode yang sama yang melaporkan berbagai cerita tentang orang-orang yang mengaku bahwa mereka melihat youkai juga dipajang.

Sebuah mumi dari Kudan, Youkai dengan tubuh sapi dan kepala manusia, dipamerkan di pameran yokai di Osaka. (Kenta Sujino)
Sebuah mumi dari Kudan, Youkai dengan tubuh sapi dan kepala manusia, dipamerkan di pameran yokai di Osaka. (Kenta Sujino)

Salah satu yang paling menarik perhatian dalam pameran ini adalah mumi yang diduga dari Kudan, youkai dengan tubuh sapi dan kepala manusia, yang banyak pengunjung menatapnya dengan kagum dan mengabadikannya dalam foto. Menurut legenda, kemunculan Kudan meramalkan panen yang melimpah.

Mitos youkai memiliki kekuatan untuk membuat orang-orang menjauh dari tempat-tempat berbahaya seperti sungai deras dan tebing,” kata Takahisa Fukunaga, 45 tahun, dari Toei. Co, perusahaan yang menyelenggarakan acara tersebut. “Karena kita hidup di waktu yang mengalami lonjakan bencana alam, kami ingin memberikan pada orang-orang tampilan segar dari Youkai.”

Biaya masuk ke pameran tersebut adalah 1.000 yen ($ 8,60) untuk pelajar SMA dan orang dewasa. Biaya masuk untuk pelaja SD dan SMP, dan anak-anak di atas 3 tahun adalah 600 yen.

Source : ajw.asahi.com
COMMENT