Meriahnya Kompetisi Cosplay di Indonesia Games Championship 2018


Telkomsel dan Dunia Games telah menggelar event gaming Indonesia Games Championship (IGC) 2018 di arena Kartika Expo Balai Kartini, Jakarta pada 20-22 April 2018 lalu. Event ini menggelar berbagai kompetisi game serta  wadah berkumpulnya anak muda yang memiliki keterampilan dalam bermain game, Indonesia Games Championship (IGC) 2018. Kelima pemenang dalam turnamen online games (eSports) terbesar di Indonesia tersebut meraih hadiah total senilai Rp 600 juta pada grand final yang berlangsung pada tanggal 20-22 April 2018 di Kartika Expo Balai Kartini, Jakarta.


IGC 2018 mempertandingkan permainan bergenre multiplayer online battle arena (MOBA) dan casual game. Untuk kategori PC Game, Boom.ID menjadi yang terbaik pada kompetisi Dota 2. Sementara untuk kategori Mobile Games, LOUVRE menjuarai kompetisi Mobile Legends, RENEGADES (Singapore)  memenangkan kompetisi Vainglory, dan BIGETRON merengkuh gelar tertinggi pada kompetisi AOV. Sedangkan untuk kelas perorangan yang mempertandingkan games LINE Let’s Get Rich, PON (Thailand)  berhasil meraih juara pertama.

Selain menyaksikan kompetisi eSports, para pengunjung IGC 2018 selama tiga hari di Jakarta juga bisa merasakan serunya bermain virtual reality game, console game, serta arcade games. Pengunjung juga akan dihibur penampilan musik atraktif dari JKT 48 dan artis pendukung lainnya.

Dalam event tersebut, Telkomsel juga mengadakan kompetisi cosplay (parade kostum tokoh film kartun atau video games) yang diikuti oleh perorangan maupun kelompok. Kontes ini terbagi atas lima kategori, yakni team cosplay, single cosplay, costreet, fun photo contest, dan cosplay photography competition. Penilaian dalam kompetisi ini dilakukan oleh juri dari Indonesia maupun mancanegara, yang terdiri dari Archie Kwa, Nekonoi Natsu, Rian Cyd, Frea, dan Punipun dari Indonesia, Ying Tze dari Malaysia, dan Pion Kim dari Korea Selatan.

Pada hari kedua Indonesia Games Championship (IGC) 2018, 15 cosplayer saling bersaing dalam Single Cosplay Competition Indonesia Games Championship 2018. Inilah nama-nama peserta Single Cosplay Competition dan karakter yang mereka perankan:

Abdullah Aliandros sebagai Alladin (Alladin)

Mizuki     Alpha sebagai (Mobile Legends)

Miu sebagai Teka (Moana)

Ards / Ardi sebagai Joker (Batman)

Kiryuu      sebagai Kel’Thuzad (Warcraft)

Shoryuchikam         sebagai Mars (LINE Pangya)

Igi sebagai RX-78-2 (SD Gundam)

Dull Var sebagai Hayabusa (Mobile Legends)

Ages sebagai Elsa (Frozen)

Grimpointman sebagai Arno Dorian (Assassin’s Creed)

Ayarei sebagai Ootengu (Onmyoji)

Ahmad Kurosaki sebagai Michaela (Owari no Seraph)

Rikku sebagai Dr. William Birkin (Resident Evil)

Joy Jizelle sebagai Chun-Li (Street Fighter)

Theodore Teofilus sebagai Red Hood (Batman)

Pitiq sebagai Bellato (RF Online)

Yang menarik, bukan cuma kaum-kaum remaja saja yang berani berekspresi sebagai cosplayer. Dua sosok mungil yakni Igi dan Joy berani ber-cosplay sebagai robot Gundam dan karakter petarung wanita Chun-Li dari Street Fighter, lengkap dengan pertunjukan panggung mereka yang penuh energi dan properti unik membuat kedua anak kecil itu menjadi sorotan perhatian baik bagi para juri maupun penonton.


Di akhir acara, Bapak Rezaly Surya Afhany selaku representatif Telkomsel secara langsung memberikan hadiah perlombaan kepada para pemenang Single Cosplay Competition yang keputusannya sudah dipilih dengan matang-matang oleh para juri.

Single Cosplay Competition ini dimenangkan oleh Ages dalam kategori Best Storyline, Mizuki dengan Best Costume, dan Fiziq sebagai Juara 3, ketiganya mendapat hadiah 1 juta Rupiah; Juara 2-nya adalah Kiryuu yang mendapat 2 juta Rupiah, dan hadiah utama sebesar 3 juta Rupiah berhasil direbut oleh Igi. Adapun Ards dan Joy Jizelle meraih kategori Judges Favorite, dan mendapatkan hadiah 500 ribu Rupiah.

Selain Single Cosplay Competition, diadakan pula Costreet Competition, di mana 15 orang cosplayer saling unjuk kebolehan mereka di atas panggung dalam waktu singkat. Sebanyak 10 peserta yang berhasil menarik perhatian para juri berhasil memboyong hadiah sebesar 250 ribu Rupiah.

Adapun pada hari ketiga Indonesia Games Championship (IGC) 2018, diadakan Team Cosplay Competition, di mana para peserta harus tampil di panggung dengan dua atau maksimal 10 orang temannya dan membuat para juri terkesan melalui penampilan kostum maupun pertunjukan yang mereka bawakan sebagai sebuah tim.

Masih sama seperti hari sebelumnya juri-juri yang mengawasi jalannya lomba kategori ini adalah Pion Kim dari Korea Selatan, Ying Tze dari Malaysia, serta Nekonoi Katsu dan Punipun dari Indonesia.

Dalam Cosplay Competition ini, tim The Zahat yang tampil dengan tema League of Legends berhasil meraih gelar juara pertama dan meraih hadiah sebesar 5 juta rupiah. Sementara itu tim Four Color yang tampil dengan tema Putri Salju meraih gelar juara kedua dan meraih hadiah sebesar 3 juta rupiah. Adapun juara ketiga dengan hadiah sebesar 2 juta rupiah dan juara keempat dengan hadiah sebesar 1 juta rupiah masing-masing diraih oleh tim Oxygen yang tampil dengan tema Mobile Legends, dan tim OPJ Jaman Now yang tampil dengan tema Kyuuranger.

Tidak ketinggalan, di hari terakhir Indonesia Games Championship ini kembali diadakan kompetisi cosplay singkat Costreet Competition seperti di hari kedua. Namun meski kategorinya diulang, penampilan para kontestan tidak ada yang sama! Tidak hanya muncul wajah-wajah baru, wajah lama pun hadir dengan kostum serba baru dan aksi cepat yang bukan cuma menghibur juri tapi juga penonton.

Peserta yang beruntung pun kembali memenangkan 250 ribu Rupiah dengan para juri juga mendatangi panggung untuk menyerahkan hadiahnya satu per satu.

Selain itu, ada juga lomba Cosplay Photography, di mana masing-masing peserta saling memamerkan foto-foto jepretannya masing-masing. Foto-foto tersebut dipajang selama pergelaran IGC 2018, di mana pengunjung bisa melihatnya. Untuk penjurian lomba Cosplay Photography sendiri, memiliki sedikit perbedaan dari segi penjurian; hanya ada tiga nama populer yang berperan sebagai juri di sini. Selain Nekonoi Katsu dan Pion Kim, mereka ditemani Archie Kwa. Dia adalah sosok fotografer spesialis cosplay yang namanya sudah sangat dikenal di komunitas pemain kostum.

Ketiga juri itu pun menyerahkan hadiah kepada para fotografer terpilih yang karyanya berhasil memukau mereka semua. Mereka adalah Bana Setyatama yang meraih gelar juara pertama dengan hadiah sebesar 3 juta rupiah, Berniko Kristianto yang meraih gelar juara kedua dengan hadiah sebesar 2 juta rupiah, dan Johanes B. Permadi yang meraih gelar juara ketiga dengan hadiah sebesar 1 juta rupiah.

Bersama dengan berakhirnya penyerahan hadiah kepada juara-juara lomba cosplay, maka ikut berakhir pula kemeriahan Indonesia Games Championship 2018 di Balai Kartini, Jakarta. Selamat buat para pemenang yang telah mengerahkan jerih-payahnya selama membuat kostum, latihan, memotret maupun mengedit karya mereka, dan juga tampil di Indonesia Games Championship 2018! Nantikan keseruan Indonesia Games Championship di tahun berikutnya!


What's Your Reaction?

LOL LOL
1
LOL
Sugoi! Sugoi!
8
Sugoi!
Honto Ni? Honto Ni?
0
Honto Ni?
Kanashii Ne Kanashii Ne
0
Kanashii Ne
Nani Kore?! Nani Kore?!
2
Nani Kore?!
Daisuki! Daisuki!
2
Daisuki!
Kowai Kowai
1
Kowai
Kawaii~ Kawaii~
0
Kawaii~
Choose A Format
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes