Menikmati Pemandangan Satoyama, Sisi Lain Keindahan Dari Negara Jepang

2 min


Jika kota-kota besar seperti Tokyo menjadi magnet kuat bagi para wisatawan yang ingin berburu fashion maupun barang-barang bertema otaku hingga idol, lain halnya dengan wilayah pedesaan di Jepang yang benar-benar berbeda dan istemewa dengan pemandangan indahnya. Sebagai negara kepulauan, mereka juga memiliki jajaran pantai yang terbentang dari Utara hingga Selatan, namun hutan, danau, air terjun, dan hampir setiap inci tanah perdesaannya juga tak kalah menawan.



Di Jepang ada sebuah istilah bernama Satoyama, atau secara harfiah berarti desa gunung, tetapi jauh dari itu, tempat tersebut mengacu pada perbatasan atau daerah di antara kaki pegunungan dan tanah datar yang subur. Hal pertama yang terlintas dalam pikiran ketika melihat Satoyama adalah sawah, di mana lahan berwarna hijau cerah terbagi menjadi bagian-bagian yang sempurna, dengan gunung-gunung menjulang sebagai latar belakang, adalah salah satu pemandangan paling indah di negara ini.

Sawah-sawah berjejer rapih berdampingan dengan alam liar dari pegunungan hutan di belakangnya adalah kombinasi yang unik dari Satoyama. Gunung Fuji sendiri jadi satu dari sekian banyak daerah terbaik untuk menemukan Satoyama, karena keagungan gunung ini lah membuat mereka sangat indah dipandang. Gunung Fuji yang memang sudah cantik, ketika tercermin di air sawah, keindahannya justru bertambah berlipat ganda, wajar jika tempat ini populer di kalangan para fotografer.

Ladang sayuran di lereng gunung, juga merupakan tampilan lain dari Satoyama yang tak kalah luar biasa dan tidak hanya cantik tetapi juga karena dibuat di sisi gunung membuatnya terlihat seperti menyatu dengan gunung. Salah satu kunci dari keindahan Satoyama adalah tanaman yang berwarna cerah, karena petani Jepang biasanya menanam tanaman hijau seperti kubis, kentang, terong, dan beras dibandingkan dengan tanaman berwarna cokelat seperti gandum.

Bangunan pertanian gaya lama yang bertebaran di sekitar kawasan pertanian juga bisa dianggap sebagai bagian dari pesona visual tambahan dari Satoyama. Meskipun istilah itu sendiri sebagian besar mengacu pada pemandangan alam, namun bangunan-bangung kuno buatan manusia yang bediri di tengah-tengah padang hijau juga jadi nilai tambah.

Tidak mengherankan jika kemudian pemandangan pedesaan yang indah ini juga kerap ditampilkan ke dalam banyak serial anime buatan Jepang. Seperti My Neighbor Totoro, misalnya, menampilkan pemandangan sawah berwarna-warni dan mendetail dari barat laut Tokyo, yang meninggalkan kesan abadi di hati dan pikiran banyak penggemar.

Sayangnya, banyak Satoyama yang kini hampir dalam keruntuhan karena modernisasi Jepang, meskipun masih banyak pemandangan indah yang tersebar di seluruh penjuru negeri, salah satunya adalah dengan melakukan perjalanan sekitar satu jam ke luar luar Tokyo, di mana pemandangan Satoyama banyak tersebar. Jadi, pastikan untuk meluangkan sedikit waktu menikmati pemandangan dari ladang pertanian dan pegunungan yang indah ini ketika berkunjung ke Jepang.

Source : soranews24.com


What's Your Reaction?

LOL LOL
12
LOL
Sugoi! Sugoi!
39
Sugoi!
Honto Ni? Honto Ni?
50
Honto Ni?
Kanashii Ne Kanashii Ne
63
Kanashii Ne
Nani Kore?! Nani Kore?!
77
Nani Kore?!
Daisuki! Daisuki!
93
Daisuki!
Kowai Kowai
101
Kowai
Kawaii~ Kawaii~
39
Kawaii~
Choose A Format
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes