Mengenal Jaringan Jalur Shinkansen di Jepang


Siapa dari kalian yang tidak tahu Shinkansen? Pernahkah kalian naik transportasi masal yang satu ini? Shinkansen adalah kereta super cepat yang beroperasi di Jepang, dengan kecepatan rata-rata 300km/jam setiap keretanya. Shinkansen telah lama beroperasi dan menyebar hampir di seluruh Jepang. Rute baru pun telah dibuka pada tanggal 26 Maret 2016 lalu, yaitu rute yang menghubungkan Tokyo dengan Hokkaido, disebut sebagai Hokkaido Shinkansen. Mari kita sambut kabar bahagia ini dengan membahas jalur-jalur Shinkansen di Jepang!


  1. Tokaido dan Sanyo Shinkansen (Tokyo-Kyushu)

Tokaido Shinkansen merupakan salah satu jalur Shinkansen pertama yang ada di Jepang, mulai beroperasi sejak tahun 1964 dengan total kumulatif penumpang terbanyak di dunia dihitung dari 1964 hingga 2012. Rute ini menghubungkan 2 area metropolitan terbesar di Jepang yaitu Tokyo dan Osaka.

Sanyo Shinkansen mulai beroperasi tahun 1972, merupakan jalur lanjutan dari Tokaido Shinkansen, menguhubungkan Shin-Osaka dengan Hakata di prefektur Fukuoka, Kyushu. Dalam jalurnya, Shinkansen ini melewati Kobe, Himeji, dan Hiroshima.

  1. Tohoku Shinkansen (Tokyo-Aomori, Akita&Yamagata)

Jalur ini beroperasi sejak tahun 1982, menghubungkan Omiya di prefektur Saitama dengan Morioka di prefektur Iwate, membuatnya menjadi jalur penghubung daerah utara Jepang dengan ibu kota Jepang. Akita Shinkansen (Morioka-Akita) dan Yamagata Shinkansen (Fukushima-Shinjo, perfektur Yamagata) merupakan dua jalur cabang dari jalur utama ini.

  1. Joetsu Shinkansen (Tokyo-Niigata)

Sama seperti jalur sebelumnya, Joetsu Shinkansen mulai beroperasi sejak tahun 1982. Menghubungkan Tokyo dengan Niigata. Salah satu jalurnya, jalur Echigo-Yuzawa, terkenal dengan pemandian air panas indoor dan area perhotelan ski-nya.

  1. Hokuriku Shinkansen (Tokyo-Ishikawa)

Pada tahun 1997, JR East dan JR West bekerjasama membuka Nagano Shinakansen, yang menghubungkan Takasaki di prefektur Gunma dengan kota Nagano di prefektur Nagano. Pada tahun 2015, jalur ini diperpanjang sampai Kanazawa di prefektur Ishikawa dan diganti namanya menjadi jalur Hokuriku. Hal ini membuat pariwisata di daerah sana semakin berkembang. Rencananya, tahun 2022 jalur ini akan diperpanjang hingga Fukui.

  1. Kyushu Shinkansen (Fukuoka-Kagoshima)

Segmen pertama jalur ini dibuka pada tahun 2004, menghubungkan kota Kagoshima dengan Shin-Yatsushiro di prefektur Kumamoto. Jalur ini lalu terhubung dengan stasiun Hakata di Fukuoka tahun 2011, yang membuatnya terhubung sampai ke Shin-Osaka melalui jalur Sanyo Shinakansen. Tahun 2023 mendatang jalur ini rencananya akan diperpanjang melalui stasiun Shin-Tosu di prefektur Saga sampai Nagasaki.

Demikianlah ulasan tentang jalur-jalur Shinkansen di Jepang. Kalau kalian pergi ke Jepang, kalian harus coba transportasi yang satu ini. Banyak sekali bukan?

(Featured image: ja.wikipedia.org)

Source : allabout-japan.com

What's Your Reaction?

LOL LOL
0
LOL
Sugoi! Sugoi!
1
Sugoi!
Honto Ni? Honto Ni?
0
Honto Ni?
Kanashii Ne Kanashii Ne
0
Kanashii Ne
Nani Kore?! Nani Kore?!
0
Nani Kore?!
Daisuki! Daisuki!
0
Daisuki!
Kowai Kowai
0
Kowai
Kawaii~ Kawaii~
0
Kawaii~
Pilih Format
Trivia quiz
Buat pertanyaan untuk mengetahui seberapa luas pengetahuanmu
Polling
Buat polling dan ajak pembaca untuk memilih
Artikel
Original artikel atau berita seputar Jepang
Artikel List
Buat daftar atau peringkat berita seputar Jepang
Ranked List
Ranked List
Meme
Unggah gambar dan buat meme kalian di sini