SHARE THIS ARTICLE

Kalau selama ini Anda melihat ninja hanya di layar kaca, saatnya mencoba jadi ninja betulan. Datanglah ke Iga-ryu Ninja Museum di Kota Iga, Jepang. Masuklah ke rumah ninja yang penuh jebakan, dan cobalah beragam senjatanya!

5a 133312_nin1

Ninja adalah sebutan bagi orang yang punya keahlian Ninjutsu, beladiri asal Jepang. Para ninja kelas kakap berasal dari 2 wilayah di Jepang, yakni Kota Iga di Mie Perfecture dan Kota Koka di Shiga Perfecture. Maka dari itu, Iga-ryu Ninja Museum adalah tempat yang wajib dikunjungi saat traveling ke Kota Iga.

Singkatnya, ini adalah museum ninja. Sosok berbaju hitam yang terkenal oleh kecepatan dan ketepatannya membidik musuh itu tak hanya ada di film-film, tapi juga kehidupan nyata. Wisatawan tak hanya bisa mengenal lebih dekat sosok ninja lewat senjata, pakaian, atau rumahnya saja. Ada juga petuah-petuah bijak yang bisa diaplikasikan dalam kehidupan sekarang.

Mengutip situs resmi Iga-ryu Ninja Museum, Jumat (31/5/2013), ada 5 area museum yang bisa dimasuki satu per satu. Masuk dalam museum, Anda akan dihadapkan pada Iga-ryu Ninja House yang merupakan contoh kediaman ninja.

Eits, ini bukan rumah biasa. Demi menjaga keamanan dan keselamatan pemiliknya, rumah para ninja punya banyak jebakan. Pintu rahasia, lorong palsu, tempat untuk menyembunyikan pedang, sampai jalan rahasia yang berliku. Seorang Kuno (ninja wanita) akan memandu wisatawan melihat masing-masing jebakan yang hanya diketahui si ninja pemilik rumah.

5c 133333_nin3

Beralih ke area lain, ada Ninja Experience Hall yang penuh barang-barang milik ninja. Ada lebih dari 400 alat dan senjata yang digunakan para ninja, termasuk pedang. Masuklah ke Mini Theater, tempat diputarnya video yang menunjukkan teknik bertarung para ninja. Layaknya di film dan kartun, mereka benar-benar bisa berlari di atas atap!

5b 133319_nin2

Di Ninja Tradition Hall, wisatawan bisa belajar teknik-teknik dasar Ninjutsu. Pemandu juga akan memberi petuah-petuah bijak, yang diwariskan turun-temurun oleh para ninja. Petuah-petuah ini tentu saja masih berlaku dalam kehidupan nyata.

Mau lihat langsung aksi ninja? Bisa. Ninja Experience Plaza Show adalah tempatnya. Para ninja berpakaian serba hitam itu akan beraksi langsung di depan Anda, menggunakan aneka senjata seperti pedang, shuriken dan kusarigama. Setelah itu, jangan lupa mampir ke Museum Shop yang menjual aneka perlengkapan ninja. Ada kaus, mainan, senjata mainan, dan pakaian ninja!

5d 133348_nin4

Museum ini terletak di 117-13-1 Ueno Marunochi, Kota Iga, Mie Perfecture, Jepang. Harga tiket masuknya 700 Yen (Rp 68.000) untuk dewasa dan 400 Yen (Rp 39.000) untuk anak-anak. Kalau mau menonton Ninja Experience Plaza Show, Anda harus membayar lagi 200 Yen (Rp 19.000) per orang.

5e 133357_nin5

Museum ini dibuka tiap hari kecuali tahun baru masehi, mulai pukul 09.00-17.00 waktu setempat. Sudah siap jadi ninja?

Source : travel.detik
COMMENT