Mau Hemat? Jangan Lakukan 5 Hal Ini di Kota Tokyo!


Mungkin artikel ini ditulis untuk orang-orang yang sedang merencanakan atau memang sedang pergi ke Tokyo dengan budget pas-pasan dan para backpackers. Terkecuali kalian memang sengaja ke sana untuk foya-foya atau kalian memiliki unlimited budget. Berikut adalah saran penulis, jika kalian mau hemat jangan lakukan 5 hal ini di Tokyo!

5. Dikit Dikit ke Vending Machine

Vending machine di Tokyo (image: JS Team documentary)

Vending machine adalah salah satu hal yang sangat mudah ditemui di Tokyo, ia berada di hampir setiap sudut kota bahkan sampai gang-gang kecil sekalipun! Seiring dengan berkembangnya teknologi saat ini kalian bisa menggunakan IC Card (Suica, Passmo, dll) untuk membeli minuman atau di vending machine tersebut.

Gaya hidup di Jepang yang sangat menyukai berjalan kaki kerap kali membuat kalian merasa haus di tengah perjalanan, khususnya di musim panas. Rasa haus ini mungkin akan membuat kalian tergoda dan merasa “gatel” untuk membelanjakan koin kalian ataupun men-tap IC card kalian di mesin konvensional tersebut. Sebetulnya harga minuman di mesin tersebut tidaklah terlalu mahal rata-rata berkisar antara 120-160 yen, namun jika kalian “gatelan” untuk menggunakan mesin tersebut kalian mungkin bisa mengeluarkan kocek total sebesar lebih dari 10.000 yen dalam 2 minggu hanya untuk berbelanja di vending machine!

4. Gatel ke Live Music Event

Live house di Jepang (image: gekirock.com)

Percayalah, di Tokyo hampir setiap hari kalian dapat menemukan pertunjukan musik live yang diadakan di live house. Cara membeli tiketnya pun tidaklah sulit, kalian bisa melakukan reservasi online via website ataupun mobile apps dan membayar tiket tersebut di konbini terdekat. Untuk beberapa orang yang ingin merasakan sensasi menonton pertunjukan musik secara langsung memang hal ini sangat menyenangkan namun tanpa disadari kocek yang harus dirogoh ternyata cukup lumayan loh!

Must Read  Osaka Amazing Pass : Kartu Penyelamat Wisatawan Pengunjung Osaka

Satu kali pertunjukan musik memiliki harga tiket masuk di kisaran 2500-3500 yen + D, + D yang dimaksud di sini adalah harga minuman yang sudah termasuk di dalam tiket tersebut namun dibayarkan secara tunai saat kalian memasuki live house tempat pertunjukan diadakan, biasanya kalian harus mengeluarkan 500 yen lagi untuk minuman tersebut. Bayangkan jika kalian setiap hari mengunjungi pertunjukan-pertunjukan ini? Cukup boros juga ya!

3. Latah Beli Barang Fashion

Kalap belanja (image: JS Team documentary)

Tokyo juga dikenal sebagai salah satu pusat fashion dunia, dengan dandanan senyentrik ataupun seaneh apapun tidak akan ada orang yang melihat kalian dengan wajah cengo, asal kalian tidak berjalan-jalan tanpa busana ya. Tentunya jika kalian adalah penyuka fashion dan sedang berjalan-jalan di pusat kota Tokyo penulis berani menjamin kalian akan kalap berbelanja!

Bagaimana tidak? Dari barang-barang seharga di bawah 500 yen sampai dengan kemeja seharga 60.000 ribu yen dipampang di etalase toko secara melimpah ruah, dari toko kecil hingga toko brand yang terkenal semuanya tersedia! Tips dari penulis untuk hemat adalah tinggalkan seluruh cash yang kalian miliki dan bawa secukupnya hehe…

Must Read  Bepergian Dengan Roket, Tokyo-Delhi Nantinya Dapat Ditempuh Dalam 30 Menit!

2. Makan di Ropponggi dan Ginza

Ropponggi Hills (image: JS Team documentary)

Ropponggi dan Ginza dikenal sebagai salah satu kawasan elit di Tokyo, sarat dengan perkantoran kelas atas dan salaryman elit yang berlalu-lalang membuat harga restoran ataupun kedai yang berada di kawasan ini menjadi berkali lipat dari biasanya. Sebagai salah satu contohnya, kalian bisa menemukan 1 set makan siang dengan harga 7.000 – 10.000 yen di kawasan ini. Jadi kalau tidak benar-benar terpaksa atau sedang ada acara di kawasan ini lebih baik kalian mencari tempat makan di kawasan lain ya!

1. Naik Taksi

Hemat
Taksi di Jepang (image: en.theoutlook.com.ua)

Taksi sudah menjadi salah satu legenda di Jepang, karena tarifnya yang luar biasa mahalnya! Bahkan salah satu manager perusahaan besar di Jepang pernah berkata kepada penulis “Bahkan untuk kami penduduk lokal, taksi-taksi itu memang terlalu mahal!”. Dengan jarak tempuh sekitar 900 meter tarif yang dikenakan adalah sekitar 1700 yen. Tips untuk hemat yang bisa penulis berikan hanya satu jangan malas untuk jalan kaki!

Nah, hal-hal berikut adalah penyebab dompet kalian jebol selama berjalan-jalan di Jepang, tapi itu semua tergantung kepada kalian lagi bukan? Selama kalian menikmatinya jangan sungkan untuk melakukannya!


What's Your Reaction?

LOL LOL
0
LOL
Sugoi! Sugoi!
4
Sugoi!
Honto Ni? Honto Ni?
2
Honto Ni?
Kanashii Ne Kanashii Ne
0
Kanashii Ne
Nani Kore?! Nani Kore?!
0
Nani Kore?!
Daisuki! Daisuki!
0
Daisuki!
Kowai Kowai
0
Kowai
Kawaii~ Kawaii~
0
Kawaii~

Mau Hemat? Jangan Lakukan 5 Hal Ini di Kota Tokyo!

Pilih Format
Trivia quiz
Buat pertanyaan untuk mengetahui seberapa luas pengetahuanmu
Polling
Buat polling dan ajak pembaca untuk memilih
Artikel
Original artikel atau berita seputar Jepang
Artikel List
Buat daftar atau peringkat berita seputar Jepang
Ranked List
Ranked List
Meme
Unggah gambar dan buat meme kalian di sini