SHARE THIS ARTICLE

Buat kamu yang bosan dengan menu buka puasa yang itu-itu aja, ada resep baru untuk membuat pancake teh hijau yang bisa dibuat lewat alat penanak nasi alias rice-cooker. penasaran? Yuk kita lihat proses pembuatannya.

Bahan yang sebelumnya harus kamu persiapkan adalah:

300 gr / 10.6 oz tepung khusus untuk membuat hotcake

200 ml / 1 gelas susu rendah lemak

2 butir telur

1,5 sendok makan bubuk matcha/teh hijau

1 kaleng Yude Azuki/kacang merah manis

mp-1 mp-9 mp-8

Dan tentu saja komponen yang tidak kalah penting adalah rice cooker, rice cooker yang dipakai memiliki kapasitas maksimal sebanyak 540 mililiter atau tiga ghou jika kamu menggunakan sistem pengukuran tradisional Jepang.

Di Jepang, perusahaan Morinaga membuat perbedaan antara pancake dan hotcake mereka. Bagi mereka, hotcake memiliki bentuk yang lebih lembut dan rasanya lebih manis, itulah kenapa disarankan untuk resep ini lebih baik menggunakan tepung campuran khusus untuk membuat hotcake demi hasil yang lebih maksimal.

Setelah semua bahan dan peralatan tersedia, langkah pertama yang harus dilakukan adalah tuangkan langsung campuran hotcake ke dalam rice cooker. Setelah itu masukkan 1.5 sendok makan bubuk matcha/teh hijau ke dalam campuran tepung. Aduk semuanya hingga warnanya berubah kehijauan, memang pada tahap ini warnanya tidaklah terlalu menarik, tapi percayalah, sedikit bubuk teh hijau ini nanti akan memberikan pancake-mu warna yang sangat bagus.

mp-3 mp-6 mp-11 mp-7

Di mangkuk yang terpisah, campur telur dan susu bersamaan, aduk dengan perlahan. Susu yang dipakai lebih baik susu rendah lemak, karena nantinya kita akan memakai kacang merah manis yang tinggi kalori untuk hiasan. Setelah tercampur rata, masukkan campuran telur dan susu tadi ke dalam rice cooker, aduk secara perlahan sampai semua bahan tercampur. Setelah semua bahan tercampur dengan rata, saatnya untuk menyalakan rice cooker, tekan tombol masak seperti saat kamu akan memasak nasi, tunggu sampai 45 menit sampai proses memasak selesai.

mp-10 mp-12 mp-13 mp-14 mp-15

Jika kamu membuka rice cookermu dan melihat adonanmu menjadi lembek, jangan panik, yang perlu kamu lakukan adalah tutup kembali rice cookermu dan tekan tombol masak sekali lagi. Karena memang berdasarkan pada ukuran dan tenaga dari rice cookermu satu kali proses masak tidaklah cukup.

mp-17 mp-16
Setelah proses masak yang kedua selesai, kamu akan menemukan pancake buatanmu sudah jadi dengan warna hijau yang menggoda dan bentuk yang halus seperti lingkaran batu. Potong pancake tersebut dan hiasi dengan kacang merah manis kalengan tadi sesuai dengan seleramu dan Pancake Matcha Rice-Cooker buatan sendiri sudah jadi dan siap dinikmati.

mp-19 mp-27 mp-29

Bagaimana minna? Mudah kan cara membuatnya? Jika kamu masih bingung dengan langkah-langkah di atas, di bawah ini adalah video singkat untuk membuat pancake teh hijau tersebut, selamat mencoba!

Source : en.rocketnews24.com
COMMENT