Share on

Sudah hampir 4 tahun berlalu sejak aktor sekaligus komedian Robin Williams meninggal dunia. Sudah bukan rahasia lagi bahwa Williams adalah penggemar anime, dan dalam wawancara pun ia mengakui merupakan seorang kolektor, dan menyukai karya-karya science fiction seperti Appleseed, Ghost in the Shell, dan Neon Genesis Evangelion. Penampilannya dalam film One Hour Photo juga menampilkan referensi ke Neon Genesis Evangelion dan menampilkan figure miliknya sendiri. Ia juga tampil dalam dua iklan game Legend of Zelda bersama putrinya, Zelda Williams, yang dinamai berdasarkan game tersebut.

Putrinya tersebut beberapa waktu lalu meminta tolong para netizen melalui media sosial twitter untuk membantunya mengidentifikasi beberapa garage kit dan mainan lain, saat ia memilah-milah koleksi milik ayahnya tersebut, yang jumlahnya cukup banyak. Figure pertama yang ia bagikan melalu medsos tersebut adalah tokoh Knute dari anime Appleseed.

Para penggemar juga membantu mengidentifikasi mainan-mainan yang terlihat pada cuitan di bawah ini: Scopedogs dari VOTOMS, Orguss dan Gerwalk Nikick dari The Super Dimension Century Orguss dan Billbine dari Aura Battler Dunbine.

Robin Williams juga nampaknya tidak hanya mengoleksi figure dari anime saja, melainkan juga dari luar anime, seperti miniatur dari Warhammer 40,000, bahkan figure robot zaman dahulu, dan bahkan pedang Glamdring milik Gandalf dari seri The Lord of the Ring.

Zelda menyatakan bahwa ayahnya memiliki setidaknya dua unit gudang yang dipenuhi dengan barang-barang koleksinya. Keluarga almarhum bermaksud untuk menjual koleksi-koleksinya tersebut pada suatu saat, dan menyumbangkan hasil penjualannya tersebut.

(featured image: peru.com)