Share on

Musik relaksasi dari potongan musik klasik seperti Chopin's Nocturnes akan mengalun melalui speaker ke beberapa kereta bawah tanah jalur Hibiya dari tanggal 29 Januari mendatang.

Jika penumpang merespons positif kepada teknologi baru ini, Tokyo Metro mungkin akan memperluas layanan musik klasik di setiap keretanya. Teknologi ini akan menjadi yang pertama kalinya di seluruh negeri dimana musik, bukan suara manusia, yang akan terdengar melalui speaker kereta komuter.

"Kami berharap pemutaran musik ini akan membuat kereta bawah tanah lebih nyaman," kata seorang pejabat Metro Tokyo.

Tokyo Metro Menguji Coba Kereta yang Memperdengarkan Musik Klasik
(image : wikipedia)

Kereta Seri 13000 yang baru dikembangkan akan menyediakan layanan ini berdasarkan uji coba sebanyak dua putaran antara stasiun Kita-Senju dan Naka-Meguro di luar jam sibuk. Selain kereta seri 13000, kereta lainnya hanya akan memberikan rekaman suara konduktor kereta. Speaker berkualitas tinggi yang diperlukan untuk mengirimkan musik telah dipasang di Seri 13000, yang memulai debutnya pada bulan Maret 2017. Speaker ini awalnya dipasang untuk mengadakan acara di dalam kereta.

Sebelumnya, kereta Jepang telah bermain dengan suara dimana suara klakson kereta di ganti dengan suara gonggongan anjing yang berguna untuk mengusir para rusa yang menghalangi rel kereta. Suara gonggongan anjing dipercaya dapat membuat rusa merasa panik. Dalam uji cobanya, rekaman dengusan rusa selama 3 detik dan gonggongan selama 20 detik dari seekor anjing yang sedang menyalak ditayangkan dari atas sebuah kereta yang sedang bergerak di malam, saat rusa sering muncul dan menghalangi jalan. Kereta ini akan mulai dipergunakan pada akhir tahun fiskal 2018.

(featured image : asahi)